Dewan Pati Sayangkan Minat Pemuda Terjun di Dunia Pertanian Menurun

Pati, Berita10 – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Yeti Kristianti turut menanggapi turunnya minat pemuda yang terjun di dunia pertanian. Ia sangat menyayangkan sudah tidak ada lagi ketertarikan anak muda di Pati Bumi Mina Tani yang mau menggarap lahan pertanian. “Sekarang banyak yang kurang minat menggeluti pertanian, terutama kaum muda,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Pati Daerah Pemilihan (Dapil) III itu.

Menurut Yeti, muncul stigma bahwa petani identik dengan pekerjaan yang kotor dan profesinya terpinggirkan lantaran status sosialnya tak diperhatikan oleh masyarakat maupun pemerintah.“Selain itu, dunia pertanian yang identik dengan dunia kotor, miskin, dan komunitas yang terpinggirkan, serta di anggap tidak menjanjikan menjadi penyebabnya,” tutur politisi Partai Gerindra saat dihubungi. Bila dibandingkan dengan pekerjaan petani, menurutnya pada zaman sekarang generasi muda lebih tertarik memilih pekerjaan di dunia industri maupun perkantoran.

“Di zaman sekarang, banyak generasi muda yang lebih tertarik untuk bekerja di perkantoran atau pun terjun ke industri lainnya,” ucap perempuan yang merupakan Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati. Dengan demikian, ia ingin ada sinergi antara pemerintah dengan DPRD Kabupaten Pati untuk melakukan sosialisasi dan program untuk melestarikan sistem pertanian bagi para penduduk Kabupaten Pati.“Saya berharap ada peranan antara pemerintah dan kami (DPRD) untuk mendorong pemuda-pemudi di Pati untuk melestarikan pekerjaan petani sebagai penyangga ketahanan pangan,” ucapnya. Gos/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.