Tak Ada Terobosan, Kepemimpinan Pj Bupati Pati Tuai Kritik Dewan

Pati, Berita10 – Hampir setahun Penjabat (Pj.) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menjadi kepala daerah. Sayangnya, kepemimpinan Henggar menuai kritik dari DPRD Pati. Dewan menganggap kinerja Pj Bupati Henggar monoton dan tak ada inovasi.
Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin menilai kinerja Henggar sebagai Pj Bupati Pati termasuk baik. Meskipun demikian, pihaknya menilai kinerja Henggar perlu ditingkatkan.
”Tapi perlu ditingkatkan jangan hanya mengadopsi kebijakan yang di telah ditetapkan bupati terdahulu. Apalagi pada 2023 ini penyusunan RKPD untuk 2024,” katanya.
Menurutnya, selama ini Henggar hanya mengadopsi kebijakan pemimpin sebelumnya. Belum ada inovasi atau terobosan terbaru yang dirasakan masyarakat.

“Jangan sampai mengadopsi bupati terdahulu. Harus ada terobosan. Dari segi pendapatan, penggunaan APBD, dan kebijakan untuk masyarakat lainnya. Harus lebih baik,” tuturnya.
Pj Bupati Henggar, kata Ali, ini seharusnya bisa lebih leluasa bekerja mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Pati. Sebab tidak terbebani seperti bupati Pati sebelumnya. Pj bupati Pati tak memiliki beban dan ongkos politik.
”Karena Pj ini kan tidak terbebeni dua hal. Yakni politik dan keuangan. Karena ia ditunjuk pemerintah pusat kan gratis tidak ada ongkos politiknya. Beda kalau melalui Pilkada, tentunya membutuhkan anggaran untuk ikut serta,” tandasnya.

Sejak Agustus lalu, Henggar menjabat sebagai Pj Bupati Pati Henggar. Selain dibahas dewan, kinerjanya juga dievaluasi pemerintah pusat. Bila dinilai baik, Henggar berpotensi bakal ditunjuk lagi sebagai penjabat bupati Pati. Namun bila dinilai kurang baik, jabatan ini bisa dialihkan ke pejabat lainnya. Pemerintah  pusat sudah punya tim untuk menilai kinerja Pj. Diperpanjang atau tidak itu wewenangnya pemerintah pusat. Kami tidak berwenang. Kalau diminta pendapat, kami kan kolektif kolegial. Saya berharap kinerjanya lebih baik,” tukasnya. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.