DPRD Dorong Pemkab Pati Kedepankan Investasi Bidang Pertanian

Pati, Berita10 – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk mengedepankan investasi di bidang pertanian. Anggota Komisi B DPRD Pati Bandang Terguh Waluyo mengatakan, pihak eksekutif perlu mengedepankan investasi dari sektor pertanian di Pati. Dengan demikian, Sumber Daya Alam (SDA) yang ada dapat dimanfaatkan secara baik.

“Kalau memang ada investasi yang berbasis pertanian. Jadi itu sebagai plasmanya. Kabupaten Pati ini sumber daya alamnya bagus,” ungkapnya belum lama ini. Ia menambahkan bahwasanya industri yang tidak cocok dengan iklim lingkungan di Kabupaten Pati seharusnya di singgung. Karena larinya ke dampak lingkungan sekitar. “Larinya industrialisasi yang tidak mengeluarkan karbon terlalu banyak. Tapi berkaitan dengan lingkungan tidak di singgung sama sekali. Yang jelas, potensi sumber daya alam harus back to nature,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Pati, Riyoso mengatakan investasi di bidang pertanian tercatat secara individu. Sedangkan investasi yang pihaknya terapkan berbeda.“Investasi di bidang pertanian kebanyakan perorangan, mencatatnya dia tidak investasi. Investasi versi kita dari nilai dia menanamkan modal beli tanah, konstruksi bangunan, dan mesinnya. Kalau dari sektor pertanian itu menggunakan lahan petani, terus yang investasi kan paling modal kerja,” jelasnya. Pihaknya menilai bahwa investasi tepat yakni bersumber dari modal tetap. Dalam pengertian, aset yang bisa menghasilkan bahan, menghasilkan barang atau jasa yang bisa produktif.“Versi pemahaman instansi memang banyak versi. Kalau saya mencatatnya dari nilai dia beli mesin, bangunan, modal kerja membayar gaji karyawan, beli bahan baku, tapi kita tidak memasukkan dalam nilai investasi. Kita mengambil versi yang modal tetap dan ada yang berpersepsi modal kerja investasi,” tuturnya. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.