Bebas Penyakit Polio, Dewan Dukung Program Sub-PIN Untuk Generasi Sehat

Pati, Berita10Pemerintah Kabupaten Pati, melalui Dinas Kesehatan telah sukses melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) Polio putaran pertama mulai 15-21 Januari 2024 lalu. Hasilnya luar biasa. Orangtua sangat antusias mengikuti program ini, sehingga capaiannya dapat melapoi batas yang ditentukan. Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Joko Leksono Widodo, MM beberapa waktu lalu.

“Untuk Sub-PIN Polio putaran kedua saat ini sedang berlangsung mulai 19 lalu sampai tanggal 25 Februari 2024 besok,” terang Joko. Joko mengatakan, PIN Polio ini tidak memberikan efek negatif apa pun terhadap anak, sehingga orangtua sangat responsif terhadap program tersebut. Joko juga mnjelaskan dampak dari penyakit polio ini sangat serius dengan kemungkinan terjadinya kelumpuhan bahkan kematian. Hal tersebut, lanjut Joko, karena virus Polio dapat masuk ke dalam aliran darah dan menginfeksi sistem saraf pusat, melemahkan otot, dan menyebabkan kelumpuhan permanen.

Program ini sangat mendapat dukungan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin. Ali menyebut, Sub-PIN ini menjadi salah satu faktor untuk meujudkan generasi bangsa yang sehat, bebas dari penyakit polio. Ali juga memberikan apresiasi kepada para petugas yang sangat gigih menjalankan misi kesehatan untuk masyarakat di Kabupaten Pati. Ali berharap, dengan kegiatan Sub-PIN Polio ini, dapat memutus rantai penyebaran penyakit serta menekan angka kejadian kasus Polio yang tidak terduga, khususnya di wilayah Kabupaten Pati. “Karena itu, upaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi Polio menjadi sangat penting untuk melindungi masyarakat dari ancaman Polio dan mencegah penyebarannya,” lanjut Joko. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.