Ratusan Hektare Lahan Padi Ajukan Klaim Asuransi Pertanian

Pati, Berita10Aldoni Nurdiansyah,  Fungsional Analis Sarana dan Prasarana (Ansarpras) Dispertan Pati, melansir  324,06 hektare lahan sawah di Pati  diajukan mendapatkan klaim asuransi dari Jasindo.

Ratusan hektare sawah tersebut tersebar di beberapa kecamatan terdampak banjir. Di antaranya Sukolilo, Juwana, Jakenan, Gabus dan Margorejo.

“Pendaftar AUTP di Pati mencapai 828,27 hektar. Untuk luas klaim tahun ini ada  324,06 hektar. taksiran klaim yang diajukan seluruhnya berjumlah Rp1.944.360.000,” ujar Doni, Senin (30/1/23).

Sayangnya  hingga 24 Januari 2023, Jasindo hanya menyetujui klaim sebesar Rp658.990.000. Klaim yang disetujui Jasindo hanya untuk lahan sawah di Kecamatan Jakenan, Gabus, dan Margorejo.

Pemberian asuransi petani ini diapresiasi oleh Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, M Nur Sukarno. Ia pun berharap petani yang mengikuti asuransi tani semakin banyak.

“Saya setuju sekali prioritas di daerah rawan kebanjiran,” ujar Anggota Fraksi Golkar itu

Diketahui, banjir yang melanda Kabupaten Pati sejak awal Januari membuat 6.641 hektar tanaman padi  terkena puso. Pemkab Pati mengupayakan adanya klaim asuransi kepada para petani yang sudah terdaftar dengan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Ags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.