BAWASLU PATI BAKAL GELAR SEKOLAH KADER PENGAWASAN PARTISIPATIF

Pati, Berita10 – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI bersama Bawaslu Kabupaten Pati bakal menyelenggarakan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar. Rencananya kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Hotel Safin Pati mulai 25 hingga 27 September 2021. Dengan peserta dari SKPP Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara yang sudah melalui proses seleksi administrasi secara ketat dan transparan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Ahmadi, S.Sos, SH, MH didampingi anggota Suyatno, S.Ag, MH, Karto, S.Ag MH, Ayu Dwi Lestari, S.Kom, MM dan Achwan S.Pdi. M.Si, MH mengutarakan bahwa Bawaslu Pati dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sekolah Kader Pengawasan Partisipati (SKPP) selama tiga hari. Adapun tujuan penyelenggaraan SKPP tersebut untuk memberikan para pemilih pemula ini bisa ikut peran aktif dalam pemilihan pemilu 2024. Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk mensukseskan SKPP yang menjadi program Bappenas yang diimplementasikan Bawaslu RI dan kebetulan Bawaslu Pati untuk tahun ini dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara, ungkapnya.

Ahmadi selaku Ketua sekaligus Kordiv Penindakan Dan Penanganan Pelanggaran  menambahkan jika semua peserta yang yang mengikuti SKPP diambil dari sejumlah pendaftar yang sudah memenuhi syarat dan tahapan secara adminitrasi menyangkut usia, kenetralan dari partai politik dan peran aktifnya. Mereka diseleksi secara ketat dengan melihat latar belakang, keaktifan dalam organisasi dan kemasyarakatan serta misi visinya yang jelas. Untuk program SKPP untuk tahun 2021 bakal dilakukan secara luring dengan lokasi di sejumlah wilayah termasuk Bawaslu Pati menjadi tuan rumahnya. Ahmadi menambahkan jika untuk pengajar nanti ada dari internal staff Bawaslu RI, Bawaslu Jateng, Bawaslu Kota/ Kabupaten, Akademisi dan Tokoh Masyarakat. Karena ini sifatnya menyeluruh maka perlu diberikan wawasan membekalan ke masyarakat bukan dari sisi akdemis saja namun aspek pengawasan kita utamakan, ungkap Ketua Bawaslu Pati.

Suyatno Kordiv Penyelesaian Sengketa menambahkan jika untuk materi ada beberapa macam bentuknya ada kerelawanan, sosial, partisipasinya dikolaborasikan menjadi satu. Mereka nanti diberi muatan yang lengkap bukan saja bersifat teori namun konsep lapangan dengan praktek dibentuk kelompok. Pihaknya juga akan memberlakukan dalam setiap kegiatan SKPP para peserta harus mentaati protokol kesehatan.

Ayu Dwi Lestari Kordiv Pengawasan dan Hububungan Antar Lembaga menjelaskan pelaksanaan SKPP dijadwalkan pada bulan September di 6 titik lokasi yang ada di Jawa Tengah, tentunya dalam kegiatan tersebut nantinya titik lokasi yang akan di laksanakan SKPP juga akan melihat perkembangan situasi covid-19 dan pertimbangan syarat-syarat yang diajukan dari gugus tugas Kabupaten/Kota. Pihaknya  telah melakukan koordinasi bersama gugus tugas pencegahan Covid-19 terkait kegiatan SKPP  Tahun 2021 yang akan di laksanakan di Kabupaten Pati pada bulan September dengan penerapan prokes. Bawaslu Kabupaten Pati mengusulkan pelaksanaan SKPP Dasar di bulan September Minggu ke-4, imbuhnya.

Karto Kordiv Organisasi Dan SDM Berharap pelaksanaan SKPP di Kabupaten Pati bisa memberikan wawasan dan pengetahuan terkait pengawasan partisipatif dalam pemilu mendatang. Ini sebagai wujud dalam memberikan pendidikan pengawasan dalam pelaksanaan pemilu 2024 kepada masyarakat luas, khususnya dari Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar. Goes

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.