BUPATI PATI BERHARAP PROGRAM PRIORITAS PEMERINTAH DITUNTASKAN

Pati, Setidaknya ada empat program yang menjadi fokus pemerintah daerah hingga pemerintah pusat di bidang kesehatan, yakni penurunan angka kemiskinan, stunting, angka kematian ibu dan bayi, serta HIV/AIDS.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Pati Haryanto dalam rapat koordinasi di bidang kesehatan di ruang Pragolo Setda Pati, hari ini.

“Program – program yang menjadi prioritas tersebut harus dapat kita selesaikan. Karena ini sudah menjadi program nasional dan telah ada MoU Kementrian Kesehatan, sehingga kita harapkan dapat terselesaikan secara tuntas”, jelasnya.

Sedangkan daerah – daerah yang menjadi target dalam penuntasan program prioitas tersebut, lanjut Haryanto, diharapkan dapat menciptakan program – program yang nyata di masyarakat.

“Kemudian untuk desa, tidak hanya fokus pada fisik maupun infrastruktur saja, melainkan juga harus dapat mengarah pada pemberdayaan”, harap Bupati.

Menyinggung masalah HIV / AIDS, Haryanto mengimbau agar memberdayakan Komite Kesehatan yang ada di tiap kecamatan yang dalam pelaksanaannya melibatkan segala unsur yang ada.

“Diharapkan itu (Komite Kesehatan-red) dapat berjalan. Terlebih bahwa kepala Puskesmas saat ini memiliki kewenangan BLU sehingga dapat mengatur sendiri”, imbuhnya.

Sedangkan untuk Angka Kematian Ibu (AKI), menurut Haryanto, Kabupaten Pati dalam penanganan masalah tersebut sudah baik. Yaitu dari tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019 selalu mengalami penurunan.

“Mulai dari angkanya kasusnya sebanyak 23 turun menjadi 19, turun lagi menjadi 15 dan kemarin di angka 8”, terang Bupati.

Adapun mengenai program penurunan angka stunting, Angka Kematian Ibu (AKI), dan Angka Kematian Bayi (AKB), ia menegaskan perlunya kerjasama dengan pihak terkait, mulai dari Bappeda, Dispermades, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, hingga pemerintah desa. Hms/ Gs

BUPATI PATI BERHARAP PROGRAM PRIORITAS PEMERINTAH DITUNTASKAN | b10news | 4.5