KIRAB ADIPURA BERLANGSUNG SEDERHANA DI CAR FREE DAY PATI

KIRAB ADIPURA BERLANGSUNG SEDERHANA DI CAR FREE DAY PATI

Pati, Car Free Day (CFD) pada Minggu (20/1) tampak berbeda. Kali ini, CFD berbarengan dengan kirab Piala Adipura sekaligus sosialisasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Dandim, pimpinan OPD ikut berbaur dengan komunitas sepeda turut mengikuti kirab Piala Adipura, yang disambut oleh ribuan warga Pati yang memadati Alun- alun Pati.

Dalam sambutannya Bupati Haryanto menyampaikan kirab Adipura kali ini dilaksanakan secara sederhana sekaligus berolahraga murah dan sehat, yaitu dengan menaiki sepeda keliling kota Pati.
“Terima kasih kepada masyarakat karena kita sudah berhasil mendapat piala Adipura 12 kali berturut turut, pernah sekali di tahun 2014 kita mendapat piala Adipura Kencana,” Bupati sebelum keberangkatan kirab.

Bupati menjelaskan, setelah tahun 2014 tidak ada lagi penilaian Adipura Kencana untuk kota kecil, maka kembali ke Piala Adipura. Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk tidak berkecil hati, dengan tidak adanya Piala Adipura. “Yang terpenting bukanlah pialanya, akan tetapi bagaimana kita membudayakan hidup bersih, sehat dan peduli lingkungan yang utamanya tentang pengelolaan sampah” ujarnya.

Bupati menegaskan pentingnya pemanfaatan sampah sehingga mempunyai nilai ekonomi dan meningkatkan perekonomian. Hal ini ditunjukan dengan upaya Pemkab Pati yang telah memperbanyak bank sampah dan memberdayakan kelompok – kelompok yang peduli dengan sampah.
“Harapan kedepannya adalah bukan hanya sekedar kita mendapat piala saja, akan tetapi tindak lanjut pembangunan lingkungan untuk meningkatkan perekonomian, sosial budaya dan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan,” tandasnya.

Peserta kirab kali ini datang dari kalangan masyarakat, semua OPD, komunitas senam, komunitas sepeda, karangtaruna (perwakilan 21 kecamatan), siswa SMP – SMA, perbankan dan UMKM.

Dalam kegiatan tersebut disamping Kirab Adipura bersepeda dan Senam Zumba FlashMob, juga adanya Bazar UMKM yang diikuti 20 peserta.

Kirab Adipura Kab Pati menggunakan sepeda dengan rute : Alun- alun – Jl. Pemuda – Teminal – Gajahmati – Jl. Syeh jangkung – Jl. Ronggowarsito – SMP 4 – Bank Jateng – Jl A Yani – Jl. Kembangjoyo – Jl. Pemuda kembali Alun- Alun Pati.

Di akhir acara di adakan undian hadiah yang disediakan antara lain Sepeda gunung, HP Samsung, Tablet, TV LED, Radio and Tape, Blender, Kompor gas, Rice cooker, Mixer. Hms/Gs

KIRAB ADIPURA BERLANGSUNG SEDERHANA DI CAR FREE DAY PATI | b10news | 4.5