KUBE DI MARGOREJO PATI DAPATKAN BANTUAN KAMBING GARANSI

Pati, Bupati Pati Haryanto baru-baru ini menghadiri kegiatan Peningkatan Kemampuan dan Ketrampilan Rawan Sosial Ekonomi (PKKRSE) Perdesaaan tahun 2018 di Balai Desa Margorejo Kecamatan Margorejo Pati.

Selain Bupati Pati, hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pati, Kasi Penanganan Fakir Miskin Dinsos Jateng, Kapolsek Margorejo, Kades Margorejo, Sekcam Margorejo serta segenap warga penerima manfaat.

Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan penyerahan bantuan sosial berupa kambing untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube). Sepuluh kelompok usaha bersama tersebut terdiri atas lima kelompok Desa Margorejo dan lima Kube Desa Dadirejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati.

Tujuan kegiatan tersebut ialah untuk memberdayakan keluarga rawan sosial ekonomi dan wanita rawan sosial ekonomi wilayah pedesaan, agar mampu meningkatkan ketahanan sosial keluarga melalui pendekatan Kube dalam rangka mencegah timbulnya kemiskinan baru.

Dalam sambutannya, Bupati Pati Haryanto juga menyampaikan bahwa bantuan kambing di acara tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan dan dikembangkan untuk Kube-nya. “Kalau yang namanya manfaat, itu semua tergantung pada yang mengelola”, imbuh Bupati.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan penyerahan bantuan sosial tersebut, lanjut Haryanto ialah untuk mengentaskan warga dari kemiskinan, meningkatkan kemandirian keluarga miskin, serta meningkatkan kesetiakawanan Kube.

“Perlu diketahui bahwa bantuan sosial berupa kambing tersebut, mempunyai garansi, yaitu apabila kambing yang telah diberikan ternyata mati, bisa di laporkan kepada pihak yang terkait dan akan mendapat gantinya apabila kambing yang mati tersebut tidak lebih dari 1 minggu. Jika kambing yang mati lebih dari 1 minggu, maka tidak akan mendapat ganti”, terang Bupati.

Kambing yang diberikan yaitu lima betina dan satu jantan. “Jadi silahkan untuk masing-masing kelompok agar mau mengurus dan mengembangannya terpenting dapat bermanfaat”, pungkas Bupati. Hms/ Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.