Kenduri ” Sego Kulup ” Sambut Idul Fitri Warga Panjunan Pati

Pati, Peringatan Hari Raya Idul Fitri 1439 H adalah hari kemenangan bagi umat Islam warga desa Panjunan dan sebagian warga Mustokoharjo dan Gajahmati. Ada berbagai ragam cara dalam menyambut hari raya kemenangan tersebut diantaranya ada lomba takbir, lomba rebana, lomba tabuh beduk, takbir keliling dengan berbagai hiasan serta kegiatan~kegiatan lain yang sangat menarik.

Tak ketinggalan bagi masyarakat Panjunan Tempel RT. 15 RW. 02 Desa Panjunan Kecamatan Pati dalam menyambut hari kemenangan tersebut, tapi berbeda dengan masyarakat pada umumnya warga masyarakat Panjunan Tempel menyambut hari kemenangan dengan mengadakan Kenduri ” Sego Kulup “.

Kegiatan kenduri ” Sego Kulup ” tersebut diadakan di halaman Mushola Baiturrohman setelah sholat Idul Fitri yang di ikuti seluruh warga Panjunan Tempel serta sebagian warga Mustokoharjo dan Gajahmati.

Sego Kulup adalah nasi godangan yang dibuat dari daun ketela pohong, kacang panjang, daun luntas, kecambah atau tauge, wortel, serutan kelapa diberi berbagai macam bumbu rempah~rempah.

Nur Achwan dan Nik Suwarni salah satu penggagas acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan Kenduri ” Sego Kulup ” merupakan ungkapan rasa syukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan salah satunya nikmat bisa menjalankan puasa Romadhon serta memohon keselamatan dan bisa bertemu puasa Romadhon yang akan datang.

Kuat Budi Santoso salah satu pengurus mushola Baiturrohman dan sesepuh warga desa Panjunan Tempel RT. 15 RW.02 Panjunan Pati sangat mengapresiasi dan mendukung di adakannya Kenduri ” Sego Kulup ” yang telah berlangsung sekitar 5 tahunan ini. Hal ini didukung oleh warga lainnya dengan diadakannya Kenduri ” Sego Kulup ” di Desa Panjunan Pati. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.