Anggota Karang Taruna Pati Ciptakan Kandang Limbah Tali Plastik

Pati, Salah satu anggota Karang Taruna Kecamatan Pati Nur Achwan, A.Md warga Desa Panjunan mempunyai ide yang kreatif dalan pengembangan kreasi. Salah satunya dengan memanfaatkan limbah plastik bekas tali teksil yang sudah tidak terpakai lagi.

Limbah tali plastik tersebut dikumpulkan dipilah pilah sesuai ukuran dan panjangnya untuk dibuat kandang ayam, bebek dan burung. Kandang dari limbah tali plastik ini lebih kuat dan tahan lama dibandingkan bahan dari bambu atau kayu.

Ide atau gagasan membuat kandang muncul setelah melihat tumpukan tali plastik yang tidak terpakai di sekitar tempat tinggalnya. Dirinya mencoba merangkai tali plastik itu menjadi sebuah kandang yang menarik. Hasil karya yang dibuat ternyata banyak menarik warga untuk membeli dan memesannya.

Berkat pemikiran yang kreatif dari anggota Karang Taruna Kecamatan Pati, peluang usaha tersebut sangat menjanjikan.

Nur Achwan mengatakan jika pemikiran untuk membuat kandang plastik limbah tali sebagai wujud memanfaatkan barang yang terbuang menjadi lahan usaha yang menghasilkan. Saat ini pesanan sudah mulai datang pada dirinya sesuai ukuran dan bentuknya. Adapun untuk harga sesuai besar kecilnya ukuran kandang. Kandang dari limbah tali plastik ini lebih kuat, kokoh, tahan lama dan bentuknya menarik harganya juga bersahabat.

Harapannya dengan kreasi yang dibuat akan mampu mencetak peluang usaha dan memanfaatkan barang limbah. Untuk bahan baku sangat mudah karena limbah tali plastik banyak dijumpai di daerah Karaban dan Kayen. Selain kreasi kandang dirinya berusaha mencari ide lain sehingga limbah tali yang terbuang bisa dimanfaatkan dengan menghasilkan uang. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.