BPD Dan Warga Tolak Pengisian Perangkat Desa Sumbermulyo

Pati Reportase, Rapat Sosialisasi Pembentukan Panitia Perangkat Desa Sumbermulyo Kecamatan Winong Pati di Balai Desa tidak berjalan mulus, karena sejumlah warga dan BPD melakukan penolakan dalam acara tersebut. ( Rabu, 14/3/2018).

Puluhan warga dan anggota BPD desa setempat melakukan protes dan keberatan atas kebijakan terkait berbagai persoalan di desa Sumbermulyo yang belum jelas. Dalam Rapat sosialisasi dihadiri Camat Winong, Kapolsek, Danramil, BPD serta puluhan warga desa setempat sembari membawa spanduk penolakan pembentukan Panitia Perangkat Desa.

Dalam Rapat Sosialisasi Pembentukan Panitia Perangkat Desa sempat memanas karena perwakilan BPD dan warga menolak hasil sosialisasi yang di lakukan di Balai Desa Sumbermulyo Kecamatan Winong Pati. Sejumlah warga dan perwakilan BPD sebanyak 300 orang menolak hasil dari sosialisasi pembentukan perangkat desa sambil membawa spanduk dan tulisan penolakan.

Mereka minta supaya berbagai persoalan yang menyangkut masalah di desanya diselesaikan terlebih dahulu sebelum digelarnya seleksi atau pengisian perangkat baru. Salah satu formasi yang dibutuhkan adalah Sekretaris Desa dan Kadus.

Ketua BPD Desa Sumbermulyo Wito mengatakan jika selama ini pihaknya dan perangkat desa tidak pernah diajak koordinasi dengan Kades menyangkut proses Pembentukan Panitia dalam pengisian Perangkat Desa. Pihak BPD dan warga melakukan protes dan penolakan dalam Sosialisasi Pembentukan Panitia Perangkat Desa karena Kepala Desa belum membahas peraturan desa tentang tata cara kekosongan perangkat desa.

Demikian juga bengkok Sekretaris Desa dan Kadus telah disewakan kepada pihak lain. Dalam melakukan sewa menyewa pihak BPD dan panitia lelang tidak dilibatkan. Wito selaku Ketua BPD juga menambahkan jika belum dibuat Perdes Struktur Organisasi tentang Perangkat Desa bersama BPD.

Dalam aksi protes dan penolakan yang dilakukan BPD dan warga Desa Sumbermulyo Winong Pati mendapat menjagaan aparat Polsek dan Koramil Winong. Dalam aksi tersebut tidak sempat terjadi keributan karena pihak Muspika Kecamatan Winong memberikan solusi dan keputusan untuk menunda proses Pembentukan Panitia Pembentukan Perangkat Desa Sumbemulyo Winong Pati.

Camat Winong Haryanto berjanji akan menyikapi persoalan yang terjadi di Desa Sumbermulyo Winong dengan melakukan koordinasi pada Instansi yang diatasnya terkait pembentukan dan pengisian Perangkat Desa Sumbermuyo.

Kades Sumbermulyo Sudjono mengatakan jika Rapat Sosialisasi pembentukan perangkat desa sampai batas akhir bulan April 2018. Dirinya mengatakan jika dalam rapat atau pertemuan dalam mengambil keputusan selalu mengundang BPD, perangkat dan warga. Terkait adanya penyimpangan yang terjadi di desanya dirinya siap untuk bertanggung jawab jika memang terbukti.

Imam Salah satu perwakilan anggota BPD Desa Sumbermulyo mengatakan jika persoalan yang ada perlu diungkap. Karena dalam mengambil kebijakan pihak desa sering tidak melibatkan semua Anggota BPD, perangkat desa dan tokoh masyarakat. (B10/Imam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.