Kerajinan Unik Bonggol Jagung Pati Diminati Pasar Luar Negeri

Kerajinan Unik Bonggol Jagung Pati Diminati Pasar Luar Negeri
Kerajinan Unik Bonggol Jagung Pati Diminati Pasar Luar Negeri

Berita 10 Pati, Kerajinan unik dari bonggo jagung hasil karya seorang perajin bernama Ranu Adi warga desa Sarirejo Rt.12/ Rw.02 Pati Jateng ini ternyata diminati pangsa pasar dari luar negeri. Bonggol jagung yang dibuang warga di tempat sampah ternyata mampu di buat berbagai bentuk kerajinan unik berupa gantungan kunci, tempat lampu, figura, kerajinan tembok, tempat tisu dan bolpoin serta berbagai bentuk lain.

Di tempat tinggalnya tumpukan bonggol jagung dikumpulkan kemudian dipilih yang baik untuk dihaluskan dan dipotong kecil-kecil dengan alat sederhana berupa alat penghalus, pisau dan lem. Bahan baku dari potongan bonggol tersebut dibentuk berbagai kerajinan sesuai pesanan pelanggan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan menarik hasil kerajinananya dipoles dengan bahan penghalus dan di semprot dengan cat pewarna.

Hasil karya kerajinan yang dibuat sebagian sudah dikirim ke negara Asia dan Eropa. Adapun untuk pangsa pasar tanah air secara rutin memenuhi pesanan sovenir dari biro perjalanan dan pernikahan.

Hasil kerajinan dari bonggol jangung yang dibuat sangat unik dan bagus sehingga mampu menembus pasar luar negeri. Upaya tersebut dilakukan Ranu Adi karena setiap saat mengikuti pameran hasil kerajinan di berbagai kota besar. Demikian juga untuk mengenalkan hasil karyanya dirinya membuka galeri di Pasar Unggulan Pragola Pati. Untuk hasil kerajinan yang termurah dihargai Rp.5.000 berupa bentuk sovenir gantungan kunci dan termahal hingga mencapai Rp. 1 juta berupa figura patung. Adapun untuk tempat tisu dan tempat lampu antara Rp. 50.000 hingga Rp.100.000.
Ranu Adi mengatakan jika hasil karyanya murni terbuat dari barang terbuang berupa bonggol jagung. Pesanan sangat meningkat saat ini sehingga dirinya berusaha mengajak dan mengajarkan warga lain untuk menekuni kerajinan ini. Dirinya sudah menekuni sebagai perajin sejak 15 tahun lalu. Dengan usaha kerajinan ini dirinya mampu untuk mencukupi keluarganya. Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.