Pimpin Apel Sumpah Pemuda, Ini Pesan Bupati Pati

Pimpin Apel Sumpah Pemuda, Ini Pesan Bupati Pati
Pimpin Apel Sumpah Pemuda, Ini Pesan Bupati Pati

Berita10.Com – Pati, Sabtu, 28 Oktober 2017 dimulai pukul 08.00 Wib bertempat di halaman stadion Joyokusumo, telah Berlangsung kegiatan apel kebangsaan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dan pelantikan karang taruna Kabupaten Pati.

Hadir dalam apel kebangsaan antara lain, Bupati Pati Haryanto SH MM M.Si, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Kapolres Pati AKBPMaulana Hamdan S.IK, Dandim 0718 Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah, Ketua DPRD Kab. Pati / Drs. Ali Badrodin, Sekda Kab. Pati / Ir Suharyono, dan OPD.

Peserta apel berjumlah sekitar 250 orang terdiri dari peleton Pramuka, Mahasiswa, Organisasi kepemudaan, Banser, Pemuda Pancasila, Aisiyah, Karang Taruna, FKPPI dan KNPI.

Bertindak sebagai Inspektur Apel adalah Bupati Pati, dan Komandan Apel RM. Ahmada Mangkunegara, Kasubag administrasi Pemerintahan Kabupaten Pati.
Dalam amanatnya Bupati Pati mengatakan, “89 Tahun yang lalu tepatnya 28 Oktober 1928 sebanyak 71 Pemuda di tanah air, mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa satu bangsa dan bahasai Indonesia, dari sumpah Pemuda ini melahirkan Proklamasi 17 Agustus 2017. Sulit membayangkan mereka bertemu dengan mudah. Para pemuda Indonesia, pernah kita membayangkan Moh Yamin dapat bertemu dengan Yohanes. Bukan hanya bertemu mereka juga bersepakat mengikrarkan Indonesia”.

“Saat itu transportasi sangat terbatas, Moh Yamin beragama Islam berbahasa melayu sedangkan Yohanes beragama Kristen berbahasa ambon namun mereka sepakat untuk bersatu demi cita cita besar Indonesia. Para pemuda Indonesia, kita perlu bersyukur kepada Pemuda yang mampu menorehkan sejarah untuk bangsanya. Bung karno menyampaikan jangan mewarisi abu pemuda namun warisilah sumpah pemuda. Api sumpah pemuda harus lterus kita nyalakan, kita lawan ego agama dan kedaerahan kita jangan sampai menggerus persatuan kebangsaan”, imbunya.

Bupati Haryanto melanjutkan, “Kita cukupkan persatuan, stop perpecahan. Kita wujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Usai apel kebangsaan dilanjutkan dengan pelantikan simbolis ketua karang taruna Kab. Pati periode 2017-2022 oleh Wakil Bupati Pati H Saiful Arifin. (Soe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.