DPRD Pati Rekomendasikan Pasar Murah Untuk Mengontrol Harga Beras di Pasaran

Pati, Berita10 Dewan Pati dorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati agar mengontrol harga beras di pasaran. Hal ini dilakukan guna menjaga kesejahteraan warga Pati, serta mencegah dampak berkepanjangan dari tak terkendalinya harga pangan. Beberapa rekomendasi yang diberikan yakni dengan mengadakan pasar murah, serta secara rutin memantau harga pangan di pasaran, utamanya harga beras. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah menanggapi tingkat harga sejumlah komoditas pangan, termasuk harga beras akhir-akhir ini.

“Pemkab Pati perlu melaksanakan pasar murah. Serta sering melakukan kontrol harga pangan, terutama beras,” jelasnya. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa kenaikan harga beras dapat memengaruhi meningkatnya harga pangan secara keseluruhan, yang mana akan berdampak pada konsumsi masyarakat. “Dengan naiknya harga beras dapat mempengaruhi harga pangan secara keseluruhan. Hal ini akan berdampak pada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, salah satu faktor penyebab kenaikan harga tersebut adalah berkurangnya pasokan beras dalam negeri karena efek El Nino. Ini juga menyebabkan hasil panen dari sektor pertanian mengalami penurunan, sedangkan permintaan masih tetap bahkan meningkat. Secara hukum ekonomi, ini menjadikan sejumlah kebutuhan pokok meningkat saat ini. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.