Anggota Dewan Soroti Pembangunan Pemukiman yang Berlokasi di Area Persawahan

Pati, Berita10 – Pembangunan memang sesuatu yang tak bisa dihindari dalam suatu kota atau kabupaten. Pembangunan sendiri memiliki dua sisi, yaitu positif dan negatif. Suatu kota akan semakin maju dan sejahtera dengan adanya pembangunan, namun di lain sisi dampak negatif yang bisa timbul dari adanya pembangunan adalah kerusakan lingkungan. Misalnya kasus yang perlu menjadi perhatian adalah pembangunan sebuah pemukiman di lahan sawah atau area terbuka hijau. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin.

“Permasalahan yang terjadi di Pati adalah masih perlu perhatian terkait lahan sawah atau area terbuka hijau yang justru dijadikan pemukiman,” ujar Ali Badrudin.Ia mengungkapkan bahwa pembangunan semacam itu masih banyak terjadi di Kabupaten Pati.“Itu masih banyak terjadi di Pati,” ujarnya saat ditemui beberapa waktu yang lalu. Pembangunan pemukiman di area sawah atau area terbuka hijau memang menjadi persoalan yang perlu diselesaikan. Pasalnya, jika hal itu terus dilakukan tanpa adanya perhatian terhadap lingkungan, maka sawah yang harusnya bisa mencukupi kebutuhan pangan di Kabupaten Pati akan semakin berkurang jumlahnya.

Masalah ini pun seharusnya semakin menyadarkan semua pihak bahwa pembangunan berwawasan lingkungan (sustainable development) perlu diterapkan di Kabupaten Pati.Prinsip ini meliputi pemikiran aspek lingkungan hidup sedini mungkin dan pada setiap tahapan pembangunan selalu diperhitungkan daya dukung lingkungan di bawah nilai ambang batasnya. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.