Terkait Pelestarian Budaya, Dewan Pati: Perlu Ada Langkah Strategis

Pati, Berita10Kebudayaan merupakan kekayaan dan identitas dari suatu bangsa. Oleh karena itu penting untuk terus melestarikan kebudayaan yang ada. Nur Sukarno selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, menjelaskan bahwa untuk bisa mempertahankan suatu budaya yang dimiliki, perlu ada langkah-langkah strategis yang diterapkan.“Untuk mempertahankan budaya ini perlu langkah strategis,” ujar Anggota Komisi B DPRD Pati tersebut.

Langkah strategis yang ia maksudkan adalah seperti melakukan promosi-promosi yang menarik. Sehingga publik pun tau tentang budaya tersebut dan menjadi tertarik.“Strategi untuk melestarikan harus ada promosi yang bisa menarik publik,” paparnya. Sukarno menjelaskan, strategi promosi ini pun sudah dilakukan di Kabupaten Pati, yaitu dengan menggelar kirab budaya dan festival batik yang dilakukan beberapa waktu lalu di Bakaran, Kecamatan Juwana.

“Seperti kemarin sore ada kirab budaya yang sebelumnya ada festival batik, lomba busana berbasis batik Bakaran,” pungkas Sukarno. Kegiatan-kegiatan semacam itu, bisa menjadi cara untuk mengenalkan kepada generasi muda tentang kebudayaan yang ada di daerah mereka. Sehingga para generasi muda tak hanya hafal dan mengikuti tentang budaya asing, namun juga bisa lebih mencintai budayanya sendiri. Sebagai informasi, upaya dalam melestarikan kebudayaan terutama untuk para generasi muda dapat dilakukan dengan dua jalan yaitu culture experience dan culture knowledge. Culture experience adalah ikut langsung dalam pengalaman budaya, sedangkan culture knowledge adalah menambah pengetahuan mengenai kebudayaan. Gos/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.