Penanganan Banjir, DPRD : Dana Alokasi BPBD dan Pemda Terbatas

Pati, Berita10Setiap musim penghujan tiba, banjir selalu menghantui dan seolah menjadi persoalan yang tak ada habisnya. Tak sekali dua kali, bahkan banjir yang melanda terjadi berkali-kali dalam setahun. Hal itu pun membuat penanganan banjir penting untuk dilakukan dan diprioritaskan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati pun telah berupaya untuk mengatasi hal ini melalui berbagai hal. Beberapa waktu lalu, status darurat bencana juga telah ditetapkan.

Meski begitu, upaya penanganan banjir ini perlu diemban bersama dan perlu ada keterlibatan berbagai pihak termasuk dalam hal pendanaan. Salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Suwarno mengatakan bahwa dana dari Pemerintah Daerah (Pemda) dan BPBD masih kecil, dan masih jauh untuk bisa memenuhi kebutuhan para korban banjir di Kabupaten Pati.

“Dana yang dialokasikan dari Pemda maupun BPBD itu masih kecil,” papar anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati tersebut. Ia memperkirakan dana yang dimiliki ada sekitar Rp250 juta dan itu hanya habis untuk memenuhi kebutuhan operasional. “Sekitar 250 juta itu hanya akan habiskan untuk operasional dan masih jauh lagi untuk memenuhi kebutuhan,” lanjutnya.  Gos/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.