Dewan Sarankan Market Produk Seni Diperlebar Agar Lebih Terkenal

Pati, Berita10Produk seni bisa menjadi suatu keunggulan dan potensi daerah jika dikembangkan dengan baik. Menurut salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Endah Sri Wayuningati seni bisa dituangkan di berbagai media. Sehingga tak ada halangan bagi masyarakat dalam berekspresi dan menyalurkan bakat seninya. “Seni bisa dituangkan di berbagai media,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Pati tersebut. Selain sebagai media berekspresi, seni juga merupakan sektor yang potensial untuk dimanfaatkan sebagai penambah penghasilan.

Oleh karena itu, banyak pelaku seni di Kabupaten Pati yang menciptakan berbagai produk-produk yang inovatif, kreatif, dan bermanfaat bagi sekitar untuk kemudian dijual. Bahkan tak jarang para pelaku seni juga memanfaatkan barang sekitar hingga sampah untuk didaur ulang menjadi produk seni. Sehingga mereka pun juga berperan dalam menyelamatkan lingkungan. Namun di lain sisi, Endah juga menyadari bahwa seni bukanlah kebutuhan utama bagi masyarakat Kabupaten Pati. Dan hanya orang tertentu yang akan tertarik untuk membeli produk seni.

“Nilai seni memang tidak merupakan kebutuhan utama, mungkin orang tertentu yang membelinya (produk seni),” ujar Endah. Hal inilah yang dinilai Endah bisa menjadi kendala dan halangan bagi para pelaku seni untuk memperoleh penghasilan yang optimal dari produk seninya. Ia pun menyarankan agar produk seni bisa diperluas marketnya, tidak hanya terbatas di Kabupaten Pati. Namun juga bisa menyasar hingga ke luar daerah. Dengan begitu, produk-produk seni yang dihasilkan pun bisa menjangkau lebih banyak pembeli. “Sehingga marketnya harus lebih luas (luar daerah) supaya lebih dikenal,” paparnya. Gos/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.