Ketua Dewan : Sungai Juwana Jadi Biang Kerok Banjir di Pati

Pati, Berita10 – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin, menilai Sungai Juwana atau Sungai Silugonggo menjadi salah satu penyebab banjir di Bumi Mina Tani. “Yang mengakibatkan banjir di Kabupaten Pati ini (salah satunya) Sungai Juwana (Silugonggo),” tutur politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Sungai yang melewati beberapa kabupaten ini mengalami pendangkalan sehingga bila musim hujan aliran sungai meluber ke desa-desa di pinggir sungai itu. ”Sungai Juwana itu kan panjang. Mengalami pendangkalan dan menjadi tunpuan sungai-sungai yang ada di empat Kabupaten. Kudus, Demak, Grobogan dan Pati,” kata dia.

Diketahui, setidaknya 12 kecamatan di Kabupaten Pati mengalami banjir sejak Sabtu lalu. Banjir ini terjadi hingga beberapa pekan. Selain pendangkalan sungai, banjir ini juga disebabkan intensitas hujan yang tinggi di wilayah itu serta limpahkan air dari Pegunungan Kendeng.

Selain menggenangi rumah, banjir ini juga mengakibatkan Jalan Pati-Purwodadi, tepatnya di Desa Kayen lumpuh. Kendaraan roda dua maupun empat tidak berani menerjang. Banjir juga menerjang Alun-alun Kayen. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.