DPRD Pati Prihatinkan Pompa Air PAM Yang Meluap Hingga Sebabkan Banjir

Pati, Berita10 – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati sangat memprihatinkan terjadinya pompa air PAM yang meluap hingga mengakibatkan separuh jalan banjir. Keprihatinan tersebut diungkapkan oleh Anggota DPRD Pati, Suwarno sebagai saksi mata kejadian pompa air yang melup bocor bertempat di depan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Bumirejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, pada Senin. Dalam kejadian tersebut, Suwarno bergegas menghubungi PDAM Pati agar cepat teratasi mengingat di Kabupaten Pati saat ini sedang dilanda kekurangan air.

“Rasa peduli saya cepet hubungi PDAM Pati,  Alhamdulillah cepat teratasi dengan air meluap, banjir, dan sudah separuh jalan. Sangat sayang,” katanya. “Melihat air susah kok, sampai air PDAM terbuang-buang. Masih banyak yang masih sangat membutuhkan demi rasa kemanusiaan saat ini ya,” tambah dia. Lanjut, ia menilai, bahwasannya penyebab terjadinya kebocoran itu dari daya debit pompa yang memiliki tekanan besar ataupun kondisinya sudah berkarat. Dengan terjadinya hal tersebut, maka perlu antisipasi dalam pendistribusian ke cabang-cabang pipa di sekitarnya harus memiliki daya tampung yang besar. Juga perlu selalu diadakan pengecekan secara berkala.

“Penyebabnya, kebesaran daya debit pompa keluarnya sampai bisa jebol kranya dan sudah aus kondisinya atau sudah karatan lah. Sehingga tekanan daya dorongnya terlalu besar dari pada pipa-pipa yang disalurkan. Dan selalu dicek berkala supaya menghindari kejadian seperti ini,” lanjutnya.“Dengan demikian ya perlu antisipasi tentang antara daya dorong untuk pendistribusian ke cabang-cabang pipa masing-masing,” tutup Suwarno. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.