Anggota Dewan Ingatkan Warga Mulai Masuk Musim Hujan, DPRD Pati : Hati-Hati DBD

Pati, Berita10 Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Muntamah mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati agar hati-hati dengan meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) selama musim penghujan. “Pemkab Pati harus menguatkan upaya pencegahan muncul dan menyebarnya kasus DBD di Pati seiring tibanya musim hujan. Kita harus bersiap melakukan upaya pencegahan sebelum terjadinya peningkatan kasus,” ujarnya baru-baru ini. Ia juga meminta Pemkab Pati melalui Dinas Kesehatan memberikan instruksi kepada fasilitas kesehatan yang ada setiap wilayah untuk memberikan sosialiasi ataupun edukasi.

“Sosialisasi kepada masyarakat berupa penyakit-penyakit yang kerap kali melonjak saat musim hujan. Sehingga, masyarakat tahu penyakit ini menyebar ketika musim hujan datang,” tuturnya. Lebih lanjut, Muntamah juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap penyakit DBD pada musim hujan ini. Pasalnya, sudah ada orang yang meninggal karena terkena penyakit tersebut. Oleh karena itu, warga Pati harus menjaga kebersihan lingkungan, terutama di rumahnya masing-masing. Artinya, masyarakat perlu menggencarkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Saya tidak ingin sampai ada jatuh korban jiwa akibat DBD, khususnya di Kota Bumi Mina Tani,” ucap dia. “Kami berharap masyarakat menerapkan PSN secara berkala. Dikarenakan upaya tersebut sangat mudah dan efektif untuk memberantas DBD,” sambungnya. Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan hingga minggu ke-40 pada Tahun 2023 terdapat 68.996 kasus demam berdarah dengue (DBD) dengan kasus kematian 498 jiwa. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.