Pati Jadi Langganan Bencana, Pemerintah Diminta Tingkatkan Kinerja

Berita10 – Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menjadi daerah yang rawan bencana. Bencana alam mulai dari banjir, tanah longsor, puting beliung hingga kekeringan sering melanda Kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani ini. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati diminta meningkatkan kinerja. Khususnya soal pengendalian bencana. Pemerintah dinilai kurang siaga dalam menangani bencana alam karena kurang akurat memprediksi cuaca.

Ini diungkapkan Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Hardi. Politisi agas Gerindra ini berharap pemerintah lebih siap menghadapi bencana.  “Kesiagaan pemerintah dalam menangani bencana alam ketika melanda karena cuaca tidak dapat diprediksi,” imbuhnya. Diketahui, sejak bulan Juli lalu, sejumlah wilayah di Kabupaten Pati dilaporkan telah mengalami kekeringan. Kondisi tersebut mengakibatkan lebih dari 131 ribu jiwa di daerah yang berjuluk Bumi Mina Tani ini kesulitan mendapatkan air bersih.

Berdasarkan data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, ada sebanyak 131 ribu jiwa dari 78 desa di Kabupaten Pati terdampak kekeringan. Angka tersebut bertambah dari yang sebelumnya berjumlah 26.791 jiwa dari 5.206 kartu KK. Sementara untuk desa menyebar di sekitar 50 desa. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.