Komisi D Kabupaten Pati Sarankan Gadget Pada Anak Harus Dibatasi

Berita10, Kemajuan jaman yang pesat, Intetnet adalah Kecanggihan alat yang selalu mengikuti perkembangan jaman patut dibanggakan sebagai inovasi yang semakin maju. Namun demikian, dampak negatif dari kemajuan teknologo tersebut, juga perlu dilakukan langkah antisipasi. Misalnya keberadaan gadget yang saat ini sudah merambah ke dunia anak. Terkait hal tersebut, Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Hj. Mesaroh, menyarankan agar penggunaan gadget pada anak harus dibatasi dengan ketat. Pasalnya, menurut dia jika seorang anak sudah kecanduan gadget bisa lupa dengan segalanya dan meninggalkan kewajibannya yakni belajar.

Lebih parahnya, gadget ini akan berpengaruh kepada kesehatan mata anak-anak dan tidak sedikit anak saat ini yang menggunakan kacamata. Maka dari itu sejak dini orang tua harus secara ketat mengawasi anak mereka. “Diperlukan peran pendamping bagi orang tua untuk anak mereka supaya tidak over bermain gadget, karena penggunaan yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan mata, ” ujar Maesaroh. Parahnya lagi, menurut Maesaroh penggunaan gadget yang berlebihan juga akan berpengaruh pada kesehatan mental anak. Banyak anak yang menjadi pendiam dan menjadi hilang nafsu makan.

Selain menekankan itu kepada orang tua, pihak sekolah juga disarankannya untuk meminimalisir penggunaan gadget sasa di lingkungan sekolahan. Hal itu bisa disampaikan kepada anak didiknya jika dilarang menghidupkan gadget saat berada di ruang kelas. Jika hal itu bisa dilakukan dengan maksimal oleh orang tua serta para guru yang berada di sekolahan, tak hayal jika kecanduan anak pada gadget bisa semakin dikurangi. “Sekolah juga dapat membantu untuk memberikan batasan penggunaan gadget pada anak di lingkungan sekolah. Hal itu akan sangat berdampak pada perkembangan anak di masa mendatang,” tutup Maesaroh. Gs/Sl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.