Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah Agar Terbebas dari Penyakit

https://www.freepik.com/free-photo/disinfecting-home_8668283.htm#query=cleaning%20the%20house&position=0&from_view=search&track=ais 

Kebersihan lingkungan rumah adalah salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan hidup sehari-hari. 

Rumah yang bersih dan terjaga kebersihannya tidak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman untuk tinggal. Akan tetapi juga berkontribusi pada kelestarian lingkungan secara keseluruhan. 

Dengan mengadopsi beberapa langkah sederhana, menjaga kebersihan lingkungan di rumah dapat Anda lakukan secara efektif. Apa saja 5 langkah tersebut, berikut ini penjelasannya.

5 Cara Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Tempat di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu adalah rumah. Sehingga Anda harus  menjadikannya sebagai tempat tinggal yang nyaman serta bersih. 

Selain untuk kenyamanan, lingkungan rumah yang bersih juga berguna untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan penghuninya. Hal ini bisa Anda terapkan dengan melakukan 5 cara di bawah ini.

  • Bijak mengelola sampah

Langkah pertama dalam menjaga kebersihan lingkungan rumah adalah dengan mengelola sampah dengan bijak. 

Oleh karena itu, Anda harus memiliki tempat sampah yang cukup di rumah, serta meletakkannya di beberapa area. Pisahkan sampah organik dan anorganik, serta pastikan untuk mendaur ulang sebanyak mungkin. 

Buatlah kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya dan jangan membuang sampah sembarangan di lingkungan sekitar rumah. 

  • Rutin membersihkan rumah 

Membersihkan rumah secara rutin merupakan cara yang efektif untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumah. Tetapkan jadwal harian, mingguan, dan bulanan untuk membersihkan berbagai area rumah. 

Dalam hal ini seperti lantai, dinding, jendela, furnitur, dan peralatan rumah tangga lainnya. 

Semua area tersebut bisa Anda bersihkan dengan cara menyapu serta mengelapnya hingga hilang semua debu dan kotoran. Jangan lupa juga untuk membersihkan area yang sering terabaikan, seperti sudut-sudut ruangan dan bagian belakang perabotan. 

Ketika melakukan pembersihan, pastikan Anda menggunakan produk pembersih yang ramah lingkungan.

  • Hemat air dan listrik 

Penggunaan air dan listrik yang cerdas adalah bagian penting dari menjaga kebersihan di lingkungan rumah. 

Gunakan air secukupnya saat mencuci piring dan pakaian, mandi, atau membersihkan rumah. 

Perbaiki keran yang bocor dan pastikan tidak ada rembesan air yang tidak Anda sadari di sekitar rumah. 

Selain itu, matikan lampu dan peralatan listrik yang tidak digunakan, dan pertimbangkan untuk menggunakan lampu hemat energi atau lampu LED. 

Penggunaan air dan listrik yang efisien tidak hanya menjaga lingkungan, tetapi juga membantu mengurangi tagihan bulanan.

  • Menjaga dan memelihara taman serta tanaman

Menanam tanaman di sekitar rumah tidak hanya memberikan keindahan estetika, tetapi juga membantu menjaga kebersihan lingkungan rumah. Tanaman dapat menghasilkan oksigen, menyerap polutan udara, dan menjaga kelembaban. 

Selain itu, taman yang terawat dengan baik juga dapat mencegah erosi tanah. Oleh karenanya, rawat taman dengan memotong rumput secara teratur, membuang sampah taman pada tempatnya, dan menghindari penggunaan pestisida yang berbahaya.

  • Cuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air bersih 

Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih juga termasuk dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumah. Pasalnya tangan adalah salah satu sumber utama penyebaran kuman dan bakteri. 

Dengan mencuci tangan secara rutin, Anda dapat menghilangkan kuman yang menempel dan mencegah penyakit menular.

Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas yang berpotensi kotor atau mengandung kontaminan. Seperti sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan peliharaan, dan setelah membersihkan rumah. 

Gunakan sabun cuci tangan paling ekonomis dan efektif dalam membersihkan kuman dan bersihkan tangan langsung di bawah air bersih yang mengalir. 

Untuk mendapatkan sabun cuci tangan tersebut Anda bisa membelinya secara online melalui Blibli. 

Blibli merupakan marketplace di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan akan barang dan jasa. Anda bisa memanfaatkan marketplace ini untuk membeli dan memenuhi keperluan sehari-hari termasuk sabun cuci untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah. Jadi, tunggu apa lagi, ayo berbelanja di Blibli sekarang juga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.