Pemerintah Harus Beri Bibit Gratis, Akibat Banjir

Pati, Beita10 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menyiapkan bibit gratis untuk membantu para petani.

Banjir yang terjadi pada bulan Januari ini merugikan para petani Kabupaten Pati. Ribuan hektare sawah mengalami kebanjiran pada bulan Januari 2023 ini. Para petani pun merugi.

Muhamadun Wakil Ketua Dewan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, untuk melakukan mitigasi bencana banjir di lingkungan area pertanian.

Menurutnya perlindungan masyarakat dari dampak bencana alam bukan hanya disektor keselamatan warga melainkan mengamankan sektor perekoniman dan pangan.

Dan keduanya berhak atas pengalokasian dana penanggulangan bencana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang ada.

Saat musim penghujan Kabupaten Pati merupakan salah satu daerah berpotensi dilanda banjir tingkat sedang dan tinggi. Khususnya untuk area pesawahan sudah dipastikan ada yang terendam banjir setiap tahunnya.

Muhamadun pun meminta Pemerintah untuk mengusahakan bantuan benih kepada para petani yang sawahnya gagal tanam akibat banjir.

Bibit gratis tersebut diperlukan untuk masa turun tanam pasca banjir. Pada masa tersebut masyarakat kesulitan memperoleh bibit padi, diperparah dengan perekonomian mereka juga tidak stabil sebagai korban banjir.

“Masalah sawah yang kebanjiran harus ada kebijakan bantuan benih,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.