MUSDESSUS CALON PENERIMA BLT DANA DESA TLOGOREJO TLOGOWUNGU PATI

Pati, Musdessus (Musyawarah Desa Khusus) desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu Pati yang diselenggarakan Pemdes melibatkan semua unsur desa baik BPD, ketua Rw – Rt, tokoh masyarakat. (20/05/2020) Musdessus yang diselenggarakan di Pendopo balai desa dihadiri Muspika Kecamatan Tlogowungu, perwakilan Dinsos, anggota PKH Kecamatan, BPD Ketua Rw-Rt, Kades Tlogorejo dan perangkat desa.
Agenda pembahasan dalam.acara tersebut Pemerintah Desa Tlogorejo Tlogowungu melibatkan langsung unsur terkait desa dalam mengusulkan penerima Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa. Musdessus Validasi, Vinalisasi dan Penetapan Data Calon Penerima BLT Dana Desa dan Perubahan RKPDES dan APBDES tahun anggaran 2020.
Dalam kesempatan tersebut Camat Tlogowungu Jabir mengatakan jika upaya yang dilakukan Pemdes Tlogorejo Tlogowungu sangat tepat dengan melibatkan BPD dan Ketua Rw – Rt dalam mendata kevalitan data warga yang masuk daftar calon penerima BLT DD. Dua unsur tersebut harus turun kebawah untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya kehidupan warga yang berhak. Keduanya menjadi garda depan untuk bisa memberikan penilaian warga yang layak menerima. Peran keduanya harus benar benar sesuai kenyataan dan belum pernah menerima bantuan baik dari PKH, BLT Mensos, BLT APBD, BPNT dan sejenisnya.
Di BLT Dana Desa menjadi bantuan bagi warga yang belum masuk data penerima bantuan tersebut diatas. Dengan demikian dobel penerima bantuan tidak akan terjadi di lapangan.
Kades Tlogorejo Tlogowungu Iriana Dwi Nurani minta supaya peran BPD dan Rt – Rw benar benar bisa bekerja sama dalam memberikan data akurat nama penerima BLT DD dalam waktu tiga hari. Mereka diharapkan bisa membantu Pemdes dalam mendata warga yang benar benar terpuruk dan belum pernah mendapat bantuan program pemerintah pusat dan daerah.
Kades berharap dengan peran serta institusi di desa bantuan BLT DD benar benar diperuntukkan bagi warga yang berhak.
Peran aktif Pemdes dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan program BTL Dana Desa yang saat ini akan dicairkan terkait dampak Covid-19 di masyarakat Kabupaten Pati.
Ketua Rw setempat Totok Mujiarto sangat apresiasi kesungguhan Pemdes Tlogorejo dalam memberikan bantuan BLT Dana Desa dengan mengajak pihaknya ikut urun rembuk mengusulkan warganya yang layak menerima. Dengan melibatkan pihaknya dan BPD bukti bahwa Pemdes sangat transparan dan selalu terbuka dalam program BLT Dana Desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu Pati. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.