BUPATI PATI IMBAU KORPRI IKUT PARTISIPASI PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

BUPATI PATI IMBAU KORPRI IKUT PARTISIPASI PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

Pati, Musyawarah Kabupaten Korpri Tahun 2020 di Pragolo Kabupaten Pati berlangsung Selasa (17/3/2020). Muscab Korpri juga dilaksanakan agenda pemilihan ketua dan pengurus untuk masa bakti 2020 – 2025. Dalam muscab ini, Bupati turut hadir bersama Wakil Bupati, Sekda, serta Wakil Ketua Korpri Jawa Tengah Teguh Winarto.

Menurut Bupati Pati Haryanto, sebagai organisasi yang mewadahi Aparatur Sipil Negara (ASN), peran Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Kabupaten Pati sangat terasa.

Dengan berpedoman pada Panca Prasetya, Korpri di Kabupaten Pati menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Forkopimda.

“Kami selalu diingatkan dan diberi masukan,” ucap Haryanto dalam Musyawarah Kabupaten Korpri Tahun 2020.

Haryanto mengatakan, organisasi Korpri, termasuk di Pati, berjalan dengan sehat. Terbukti dengan banyaknya kegiatan, terutama kegiatan sosial. Kemudian ada pertanggungjawaban dan keuangan yang jelas.

“Peran Korpri sudah cukup banyak. Mudah-mudahan Korpri bisa terus mewadahi para ASN dalam kegiatan-kegiatan positif. Tidak hanya laku pada saat pesta demokrasi,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Haryanto juga menyampaikan rencana iuran TPP ASN untuk pembelian disinfektan dalam rangka mencegah persebaran virus corona (COVID-19). Disinfektan ini akan disemprotkan ke tempat-tempat umum. Di antaranya sekolah, perkantoran, pasar, dan tempat ibadah.

Terkait hal ini, Haryanto meminta, untuk mempercepat eksekusi penyemprotan disinfektan, dana pembelian cairan disinfektan bisa ditalangi dulu dari dana yang dikelola Korpri.

“Nanti dikembalikan begitu uang iuran pegawai terkumpul. Ini bentuk kepedulian dari kita,” ujar Haryanto, yang kemudian disetujui seluruh peserta musyawarah.

Ketua Korpri Kabupaten Pati Suharyono dalam laporannya menyampaikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan Korpri Pati sepanjang periode 2014-2019.

Di bidang keorganisasian Korpri Pati antara lain telah melakukan studi banding ke Kabupaten Sleman, kemudian di bidang sarana-prasarana pihaknya telah melakukan rehabilitasi Gedung Korpri.

“Alhamdulillah saat ini sudah cukup representatif. Plafon pakai gypsum, kemudian ada AC besar. Sehingga apabila disewakan untuk kegiatan seperti resepsi pernikahan dan sebagainya sudah cukup representatif. Selama ini diantara pemasukan kas Korpri juga berasal dari menyewakan gedung,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Pati ini.

Tak kalah penting Korpri Pati juga telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui berbagai bantuan sosial diantaranya bantuan air bersih, bantuan bagi korban longsor di Banjarnegara, santunan hari raya Idul Fitri pada tenaga kebersihan dan tukang parkir, serta bantuan bagi korban gempa bumi Lombok 2018.

“Korpri Pati juga telah melaksanakan berbagai kegiatan di bidang kerohanian, olahraga, sosial, dan budaya,” terang Suharyono.

Pada musyawarah kabupaten ini, Suharyono kembali terpilih sebagai Ketua Korpri Pati periode 2020-2025. Adapun posisi Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II dipercayakan pada Jumani dan Turi Atmoko. Hms/ Gs

BUPATI PATI IMBAU KORPRI IKUT PARTISIPASI PENYEMPROTAN DISINFEKTAN | b10news | 4.5