PROKOMPIM AJAK MEDIA PATI PROFESIONAL DAN PUNYA LEGALITAS

Pati, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Pati di awal tahun 2020 mendorong sekaligus mengajak semua media untuk lebih profesional sekaligus mempunyai payung hukum atau legalitas medianya. Demikian juga mempunyai tanggung jawab untuk melakukan fungsi sebenarnya dengan karya tulisan yang benar, berbobot dan dapat dipertanggung jawabkan ke publik. Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan antara Kantor Prokompim Setda Pati bersama awak media menjadi catatan tersendiri untuk mendorong menjadi wartawan yang profesional, punya legalitas dan menjunjung kode etik jurnalistik. Kegiatan FGD menjadi agenda rutin bulanan sebagai wujud menjalin mitra kerja sama dalam pemberitaan positif dan bermutu, termasuk kegiatan pembangunan Kabupaten Pati.
Dalam kesempatan itu Kabag Prokompim Kabupaten Pati Ahmadi, S.Pd, MM mendorong dan memberikan motivasi supaya semua wartawan benar benar mempunyai tanggung jawab dalam penulisan berita hasil karya sendiri. Demikian juga dibekali dengan pondasi legalitas media dan Kartu Anggota Wartawan. Termasuk didalamnya setiap wartawan secara bertahap mengikuti uji kompetensi yang dilakukan sejumlah organisasi pers di Indonesia.
Ahmadi menambahkan jika di tahun ini pihaknya akan mendata media dengan bio data pribadi dan legalitas masing-masing wartawan. Data tersebut sebagai dasar pihaknya untuk mengetahui jumlah media dan wartawan di Pati. Sekaligus memberikan penilaian dan evaluasi kepada media dalam bentuk karya tulisan. Pihaknya terus mendorong sehingga target untuk mengirimkan karya tulisan wartawan ke Prokompim bisa terpantau. Hasil karya tulisan wartawan ini menjadi bukti dan tanggung jawab sebagai jurnalis yang baik.
Agenda bulanan ini memacu semua media untuk berkompetisi dalam melakukan penulisan berita secara aktif dan membangun.
Untuk FGD bulan Februari 2020 dihadiri langsung Kabag Prokompim Ahmadi S.Pd MM, Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Mega Permarita SH, beserta awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan di ruang Penjawi Setda Kabupaten Pati. (Kamis, 27/02/2020).
Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Mega Permarita, SH menambahkan jika pihak Prokompim akan memberikan aturan yang jelas dalam giat FGD menyangkut program kerja yang menghadirkan nara sumber dengan topik kemajuan dan pembangunan Kabupaten Pati. Dimana dalam kegiatan tersebut bakal dibagi menjadi tiga Pokja yang masing-masing memberikan masukan dan gagasan sesuai topik sekaligus memberikan laporan hasil pembahasan.
Mega juga menambahkan jika untuk FGD tahun 2020 semua media harus lebih profesional bisa menunjukkan hasil karyanya sekaligus legalitas media serta kompetensi wartawan secara bertahap. Goes

PROKOMPIM AJAK MEDIA PATI PROFESIONAL DAN PUNYA LEGALITAS | b10news | 4.5