PATI TERIMA PENGHARGAAN DARI KEMENTERIAN LHK

Pati, Pemkab Pati berhasil meraih penghargaan sebagai Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya kepada Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) di Aula Manggala Wana Bhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Jakarta, Rabu (2/9).

“Apresiasi pembinaan Proklim ini diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan aturan sekaligus melaksanakan pendampingan dan pembinaan Program Kampung Iklim”, ujar Wabup.

Hal itu, dinilai sebagai wujud nyata upaya Pemerintah Daerah dalam pengendalian perubahan iklim.

“Kalau tahun kemarin baru Kampung Iklimnya yang mendapat penghargaan, alhamdulillah 2019 ini Pemkab selaku pembinanya juga dapat”, ujar Safin.

Dan untuk kampung iklimnya, lanjut Wabup, tahun ini yang berhasil mendapatkan Sertifikat Proklim Utama ialah Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal.

Tahun 2018 Thropy Proklim Utama berhasil diraih oleh Desa Kutoharjo RW 8 Kecamatan Pati.

Masih di tahun yang sama, Sertifikat Proklim Utama juga diberikan untuk Kampung Juwanalan Kelurahan Pati Kidul Kecamatan Pati dan Desa Wonosekar Kecamatan Gembong.

“Program Kampung Iklim ini merupakan salah satu upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat di seluruh Indonesia”, jelas Safin.

Dan aktivitas tersebut menurut Wabup, terdata dan dievaluasi melalui Sistem Register Nasional Pengendalian Perubahan Iklim.

“Nah Pemerintah Daerah dan Kampung Iklim yang memenuhi kriteria tersebut kemudian diberikan apresiasi-apresiasi ini”, jelasnya.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya di acara tersebut mengungkapkan bahwa upaya menciptakan lingkungan yang yang sehat harus didukung dan diprogramkan secara nyata oleh Pemerintah Daerah.

“Kami sangat apresiasi kepada pemerintah daerah yang sangat aktif mendukung program kampung iklim ini, jika semua pemerintah daerah peduli, maka lingkungan yang sehat akan dapat kita nikmati” Ungkap Siti Nurbaya. Hms/Gs

PATI TERIMA PENGHARGAAN DARI KEMENTERIAN LHK | b10news | 4.5