BUPATI AJAK MASYARAKAT PATI INGAT JASA LELUHUR

Pati, Bupati Pati Haryanto hadir dalam pengajian umum memperingati Haul Simbah Kyai Cungkrung di Dukuh Gambiran Desa Sukoharjo minggu (1/9). Acara tersebut dihadiri juga Kepala desa Sukoharjo, perangkat dan masyarakat desa Sukoharjo.

Bupati dalam sambutan menyampaikan
bertepatan dengan malam Suro atau Tahun Baru Hijriah masyarakat berkumpul di makam Mbah Kyai Cungkrung untuk tahu serta mendoakan leluhur leluhur yang telah berjasa.
“Saya datang juga di sesepuh seperti kyai Ageng Ngerang dan ke sesepuh -sesepuh yang dulu berjasa demi kemajuan agama. Selain makam para leluhur yang berjasa bagi agama banyak juga makam leluhur yang berjasa bagi pemerintahan di Kabupaten Pati,” tuturnya.

Bupati mengungkapkan, tanpa sesepuh-sesepuh yang berjasa maka tidak akan generasi sekarang. Untuk itu ia mengajak jamaah pengajian agar bersyukur pada Allah SWT dan selalu mengingat jasa para leluhur.

Ia mengatakan, semua sesepuh Pati memiliki keterkaitan satu sama lain dengan Kabupaten pati. Terdapat sejarah yang saling berhubungan. “Jangan sampai sejarah itu hilang di tengah jalan sehingga kita harus punya bukti sejarah atau dokumen yang dibukukan untuk minimal tahu sejarah,” imbuhnya.

Dengan adanya pergantian tahun hijriah, Bupati mendoakan agar masyarakat utamanya warga Sukoharjo selalu diberikan rasa aman dan tentram.
“Semoga keimanan dan ketakwaan kita bertambah dan semoga masyarakat desa Sukoharjo diberi kesehatan, rejeki yang berlimpah,” ujar Bupati diamini warga.

Di kesempatan itu, Bupati meminta Sekretaris desa agar menyiapkan sertifikat masjid untuk keperluan renovasi.
“Kkalau ada kesulitan-kesulitan pengurusan dokumen masjid Insya Allah akan saya bantu sehingga bisa cepat direnovasi,” pungkasnya. Hms/Gs

BUPATI AJAK MASYARAKAT PATI INGAT JASA LELUHUR | b10news | 4.5