GLADI BERSIH PROSESI KIRAB HARI JADI PATI KE 696

Pati, Peringatan Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati sudah di depan mata. Segala proses yang akan terlaksana pada tanggal 7 Agustus 2019 mulai pukul 12.00 wib benar – benar disiapkan dengan maksimal.

Hal tersebut lantaran, dalam prosesi Peringatan Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati, terdapat momen – momen sakral di dalamnya. Prosesi yang akan dilaksanakan di Pendopo Kemiri, Desa Sarirejo dilanjut dengan kirab boyongan menuju Pendopo Kabupaten Pati ini menjadi puncak acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati.

Guna mempersiapkan segala sesuatunya agar terlaksana dengan baik, Bupati Pati bersama Wakil Bupati Pati, Sekda, Forkopimda, Kepala OPD dan segenap jajaran, melakukan gladi bersih di Pendopo Kemiri yang dilanjut ke Pendopo Kabupaten Pati.

Asisten Pemerintahan Sekda Pati, Sudiyono selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi ke 696 Kabupaten Pati mengatakan bahwa pihaknya telah berupaya melakukan persiapan secara maksimal terkait dengan prosesi dan rangkaian acaranya.

“Dengan dilakukan gladi bersih ini, semoga saat pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar”, ujarnya saat ditemui usai gladi bersih, Senin (5/8).

Ia menegaskan bahwa prosesi ini merupakan momen yang sakral. Oleh sebab itu, perlu latihan dan persiapan – persiapan yang matang agar semuanya terlaksana dengan baik. Yaitu saat – saat ketika Bupati Pati menerima keris Rambut Pinutung dan Kuluk Kanigoro.

“Harus benar – benar dipersiapkan dan latihan dengan sebaik – baiknya. Sebab, tata caranya diatur dalam adat atau budaya Jawa”, imbuh Sudiyono.

Selain harus mengetahui apa yang dilakonkan, lanjut Sudiyono, para pelaku ini juga harus memahami bagaimana perannya nanti ketika prosesi.

“Sehingga dengan gladi bersih ini, para pelaku atau pemeran nantinya, tidak kaku maupun tidak paham perannya sehingga dapat mengganggu pelaksanaan prosesi,” pungkasnya. Hms/Gs

GLADI BERSIH PROSESI KIRAB HARI JADI PATI KE 696 | b10news | 4.5