BUPATI PATI HADIRI MUSCAB PEMUDA PANCASILA

Pati, Bupati Pati Haryanto, Kamis (29/8), menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) Ke-V Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Pati di Ruang Pragolo Setda Kabupaten Pati.

Turut hadir Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin, Kabag Bin OPS Polres Pati Iptu Mulyono, Kepala Kesbangpol Kab Pati Susanto, dan Wakil Ketua MPW Prov Jateng Iwan Leksono, SH

Bupati Pati Haryanto mengatakan penyelenggaraan Muscab tersebut menandakan bahwa Pemuda Pancasila Kabupaten Pati merupakan organisasi yang benar-benar sehat dan meyakini seluruh lini dalam organisasi Pemuda Pancasila telah berjalan sebagaimana mestinya.

“Kalau tidak berani menyelenggarakan Muscab artinya pimpinan organisasi punya kekhawatiran. Ada tiga kemungkinan. Pertama biasanya khawatir takut diganti. Kedua khawatir dituntut memberi pertanggungjawaban dan yang ketiga organisasinya tidak pernah berkecimpung dalam gerakan yang ada di masyarakat”, ujarnya.

Haryanto menyebut bekerjasama dengan pemerintah daerah, Pemuda Pancasila selama ini telah banyak berkiprah di masyarakat.

“Jadi bukan hanya mendatangi upacara atau apel kegiatan tertentu melainkan juga banyak berperan memberikan pemahaman kepada masyarakat”, imbuhnya.

Bupati Pati Haryanto berharap Pemuda Pancasila dapat selalu berada di garda terdepan dalam rangka menjaga Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

“Terkait pergantian kepengurusan hal ini harus disadari bersama sebagai kebutuhan akan regenerasi. Tujuannya agar organisasi tetap hidup dan dinamis”, imbuhnya.

Terkait Muscab pergantian pengurus yang terjadi di beberapa daerah, menurut Bupati, itu lebih karena ada yang membawa kepentingan pribadi.

“Di beberapa daerah ada pihak yang membawa misi tertentu. Dia tidak ingin membesarkan organisasi melainkan hanya ingin menjadikan organisasi sebagai sarana bagi kepentingan pribadinya. Ia pun meyakini persoalan semacam itu tidak ada di Pemuda Pancasila Kabupaten Pati”, lanjutnya.

Menurut Haryanto, jika tujuannya adalah membesarkan organisasi demi kepentingan masyarakat luas, maka takkan ada persoalan.

“Di bawah kepengurusan siapa pun yang namanya Pemuda Pancasila akan tetap eksis”, tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Haryanto menerima amanat untuk menjabat dalam Majelis Pertimbangan Organisasi Pemuda Pancasila. Menurutnya, selaku orangtua, ia tentu tidak bisa menolak mandat dan kepercayaan yang diberikan padanya.

“Saya tentu tidak bisa menolak sebab majelis pertimbangan organisasi itu kan tugasnya memberi pertimbangan, saran, dan masukan demi kebaikan bersama”, terang Bupati.

Haryanto juga memuji Ahmadi yang telah membawa organisasi dengan baik. Menurutnya, semenjak kepemimpinan Ahmadi Pemuda Pancasila semakin solid.

Dan pada akhirnya Ahmadi, dalam Muscab tersebut memang terpilih kembali sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pati Periode 2019-2023. Hms/Gs

BUPATI PATI HADIRI MUSCAB PEMUDA PANCASILA | b10news | 4.5