BUPATI PATI HADIRI HAUL SUNAN PRAWOTO

BUPATI PATI HADIRI HAUL SUNAN PRAWOTO

Pati, Pendopo Balai Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, Sabtu (23/3), mendadak
tumpah dengan warga yang datang dalam rangka Haul Sunan Prawoto KPH Raden Bagus Hadi Mu’min ke 41.

Sejumlah marching band dari beberapa sekolah juga tampil menghibur ribuan masyarakat yang datang menyaksikan. Mulai dari marching tingkat SD, SMP, juga SMA/MA tampil memukau di acara pembukaan Kirab Budaya.

Selain Bupati Pati Haryanto, hadir pula keluarga besar pengageng dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang mendampingi Kementrian Pariwisata beserta rombongan, Keluarga Sentono Dalem Keraton Surakarta Hadiningrat, Camat Sukolilo, Kades Prawoto, Danramil serta Kapolsek Sukolilo.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan bahwa, kegiatan seperti ini bagi masyarakat Prawoto sudah tidak asing lagi. Kegiatan seperti ini tidak semakin surut, justru malah semakin berkembang.

“Bahkan kegiatan seperti ini, malah mendapat pengakuan oleh Kementrian Pariwisata. Dalam kegiatan ini pun, Kementrian Pariwistaa datang bersama ketua Komisi X DPR RI. Yang mana komisi ini memang membidangi pendidikan, ekonomi kreatif, maupun pariwisata”, terangnya.

Kirab Budaya yang dikemas sedemikian rupa, bertujuan untuk melestarikan budaya yang dapat menciptakan kebersamaan, persatuan dan kesatuan semacam ini. Berbagai macam ogoh pun diarak dalam Kirab Budaya yang berlangsung sangat meriah tersebut.

“Budaya seperti ini dapat mempersatukan antara satu dengan yang lain. oleh sebab itu, kita harus guyub dan rukun, untuk bersama – sama membangun daerah, sehingga daerah semakin maju”, cetus Haryanto.

Sementara itu, Sentono Dalem Keraton Surakarta yang diwakili oleh Kanjeng Pangeran Haryo Sangkoyo Mangunkusumo mengatakan bahwa pihaknya merasa senang sebab untuk kesekian kalinya, dapat menghadiri kegiatan ini.

“Meskipun kami telah beberapa kali menghadiri, namun kami sangat menghargai usaha dari komunitas masyarakat setempat dalam menggelar kegiatan ini. Untuk itu, kami berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya”, tandasnya. Hms/Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.