BAWASLU PATI BUTUH 4369 PENGAWAS TPS PEMILU 2019

BAWASLU PATI BUTUH 4369 PENGAWAS TPS PEMILU 2019

Pati, Bawaslu Kabupaten Pati saat ini sedang mempersiapkan Sumber Daya Manusia untuk Pengawas TPS yang bakal bertugas pada Pemilu 2019 tanggal 17 April.
Melalui Anggota Bawaslu Divisi Organisasi dan SDM Karto, S.Ag mengatakan jika dalam Pemilu mendatang pihaknya membutuhkan sebanyak 4369 Pengawas TPS yang bertugas di TPS yang tersebat di 401 desa dan 5 kelurahan se Kabupaten Pati. Adapun syarat yang harus dipenuhi minimal berusia 25 tahun dan berijasah SMA atau sederajat. Karto mengatakan jika untuk jumlah Pengawas TPS dalam Pemilu 2019 bertambah dari sebelumnya 2337 menjadi 4369 orang.
Karena jumlah Pengawas TPS bertambah kami intruksikan kepada Panwascam sedini mungkin memberikan informasi ke masyarakat bulan Maret 2019 untuk mendaftar sebagai Pengawas TPS melalui kepanjangan tangan PPD yang bertugas di desa dan kelurahan. Pihaknya lebih mendahului karena disaat yang sama pihak KPU juga membentuk KPPS yang jumlahnya lebih banyak.
Karto mengungkapkan jika di suatu desa tidak ada yang memenuhi syarat bisa diambilkan warga diluar desa dalam satu wilayah kecamatan.
Untuk masa tugas Pengawas TPS satu bulan dimulai 23 hari sebelum tanggal coblosan dan berakhir 7 hari usai coblosan. Tugas Pengawas TPS terfokus pada satu TPS dengan melakukan pengawasan di saat pencoblosan Pemilu 2019. Para Pengawas TPS wajib melakukan pendokumentasian situasi TPS dari awal hingga akhir serta meminta Salinan Rekapitulasi atau C1 asli untuk diserahkan Panwascam. Selain tugas diatas Pengawas TPS selalu koordinasi dengan PPD desa kelurahan setempat. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.