BUPATI PATI LEPAS KONTINGEN KEMAH UKHUWAH NASIONAL SAKO PRAMUKA SIT

Pati, Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Bupati Haryanto melepas Kontingen Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Kemah Ukhuwah IV Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Kabupaten Pati. (rabu/14/11/18)

Peserta kemah ukhuwah Pramuka penggalang yang dilepas secara langsung oleh Bupati tersebut, akan menghadiri kegiatan Kemah Ukhuwah Nasional IV Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) 2018 yang diselenggarakan pada 16 – 19 November di Buperta Cibubur Jawa Barat.

Kemah ukhuwah Pramuka penggalang sendiri adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang.

Pada kegiatan tersebut, kontingen Pati memberangkatkan 50 peserta dan 15 pembina pendamping. Para peserta terdiri atas Pramuka SMPIT Insan Mulia yang mengirimkan 1 regu Putra dan 1 regu Putri, SDIT Abu Bakar Ash Shidiq mengirimkan 1 regu Putra dan 1 regu Putri, serta SD IT Lentera Hati mengirimkan 1 regu Putra.

Dalam pelepasan tersebut Bupati Pati Haryanto selaku kepala daerah mengaku turut bangga dan mendoakan. “Saya ikut mendoakan semoga diberikan kelancaran baik saat keberangkatan hingga nanti dapat kembali ke Pati dan mudah-mudahan para peserta dapat mengikuti aktifitas-aktifitas yang sudah dijadwalkan di sana”, harap Haryanto.

Karena bagaimana pun juga, lanjut Bu, kegiatan ini merupakan salah satu wahana untuk mendidik karakter anak-anak agar mandiri, karena anggota kontingen rata-rata masih duduk di bangku SD, SMP, di mana selama ini barangkali tidak pernah pisah dengan orang tuanya.

“Kalau anak-anak SD ini, barangkali masih menggantungkan segalanya kepada orang tuanya namun karena jiwa Pramuka menuntut demikian, ya akhirnya anak-anak akan dengan sendirinya menjadi mandiri”, cetusnya.

Namun yang lebih penting, lanjut Bupati, kontingen Pati harus lebih berhati-hati karena akan bertemu dengan peserta dalam jumlah yang sangat banyak sekali dari seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta penggalang mencapai 12 ribu orang serta pembina dan pendamping sebanyak 2.400 orang. “Apalagi dengan keadaan saat ini yang memasuki musim penghujan”, imbuhnya.

Bupati Haryanto juga berharap, manfaat dan hikmah dari kemah ukhuwah ini, bisa ditularkan dan diimplementasikan. “Setidaknya mereka mempunyai karakter generasi muda yang tangguh sebagai penerus kita di masa mendatang”, imbuh Bupati.

Sementara itu, Ketua Kontingen Kemah Ukhuwah Nasional 2018 Sako Pramuka SIT Kabupaten Pati Moh Haryanto dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa perkemahan ini menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

“Tujuannya pun tak lain untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang taqwa, tangguh, tangkas dan teguh serta menumbuhkan rasa kebangsaan yang berbhineka tunggal ika”, pungkas Ketua Sako Pramuka SIT. Hms/Gs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.