HEBAT, KREASI BAHAN LIMBAH WARGA NGARUS PATI MAKIN DIMINATI

Pati, Sejumlah warga desa Ngarus Pati Jateng mempunyai kepedulian pada bahan limbah yang berserakan di lingkunganya. Bentuk kegiatan yang pertama kali menjadi gagasan wanita muda Febi Cintya Ayu Dewanti ini berkreasi dengan memanfaatkan limbah plastik, kain, perca, bungkus minuman dan sejenisnya menjadi karya yang punya nilai jual di konsumen. Wanita gesit dan kreatif ini mampu membuat berbagai bentuk kreasi menjadi barang berharga. Berbagai kreasi unik menarik baik berupa souvener, pernik pernik, kreasi baju limbah, hiasan sangat menarik sehingga banyak diminati para konsumen dalam dan luar kota Pati.

Karena permintaan yang semakin meningkat, dirinya merangkul para ibu dan remaja di lingkungannya untuk ikut dikaryakan dalam membuat kreasi tersebut.

Rara rata setiap bulan ribuan karya kreatif warga desa Ngarus Pati ini dikirim ke daerah lain dengan harga variatif antara Rp.8.00 hingga ribuan per bijinya.

Kegiatan kreatif tersebut mendapat dukungan dan dorongan pihak pemerintah desa dan pengurus RT sehingga karya yang dibuat warga semakin berkembang bahkan memberikan penghasilan tambahan dari warga setempat.
Febi mengakui jika awalnya dirinya mencoba coba berbagai limbah yang ada di sekitar rumahnya. Muncul pemikiran kreatif untuk mencoba berkreasi dan menawarkan karyanya ke pihak lain baik online maupun langsung. Ternyata kreasi yang dibuat mendapat sambutan konsumen. Karyanya telah dikirim ke berbagai daerah bahkan sampai ke Kalimantan dan Jakarta. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mengajak tetangganya setelah beraktifitas dan senam.pagi.

Kades Desa Ngarus Dewi Ratna Palupi didampingi pengurus RT setempat Titin Mahargiyaningrum mengakui salud dengan kreasi warganya sehingga bisa menganggat nama baik desa. Demikian juga dengan kegiatan ini bisa memberikan kegiatan positif dalam kreasi kreatif dan pemberdayaan ekonomi madyarakat desa Ngarus Pati. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.