Wujudkan Pati Jadi Sentra Penghasil Unggas Terbesar

Pati, Kabupaten Pati yang terletak di pesisir pantai utara Jawa Tengah merupakan daerah yang sebagian besar penduduknya ditopang dari pertanian, peternakan dan perikananan. Pati sebagai Kota Bumi Mina Pati di masa pemerintahan Bupati Pati H.Haryanto dan Wakil Bupati H.Saiful Arifin berupaya dalam peningkatan perekonomian rakyat sebagai penunjang sektor pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Pati. Salah satunya sektor peternakan unggas yang menjadi prioritas dalam kesejahteraan rakyat. Ternak bebek dan ayam yang saat ini sangat menjanjikan menjadi prioritas utama dalam mewujudkan Kabupaten Pati menjadi sentra penghasil ternak unggas terbesar. Dengan pangsa pasar yang jelas dan mampu memberikan penghasilan rutin, sektor ini menjadi produksi kreatif masyarakat Pati.
Sejumlah warga tersebar di wilayah Pati yang sudah menekuni usaha peternakan bebek Jenis Hibrida Super sebagai contoh keberhasilan ekonomi kerakyatan yang menjadi program Pemkab Pati. Dengan menjadi mitra dari PT. Rafindo Agro Makmur Divisi Bebek Pedaging Kabupaten Pati, semua bibit unggul, pakan dan obat diberikan semua dengan aturan dan pemeliharaan yang jelas. Demikian juga untuk hasil panen diambil pihak PT. RAM sesuai harga dan bobot hasil panen Bebek Hibrida Super. Rata rata para peternak mendapat jatah 1.000 bibit dalam satu kandang yang permanen dan menjaga gangguan lingkungan sekitar. Para pelaku usaha produk kreatif ini hanya menyediakan kandang permanen sekaligus merawat menjaga perkembangan bebek serta menjaga kebersihan kandang. Dengan aturan sesuai petunjuk dari pihak PT. RAM penghasilan bersih yang bisa diraih dalam kurun waktu panen 37 hari mencapai Rp. 3.5 juta hingga Rp. 5 juta per 1.000 ekor sesuai berat bebek.
Wakil Bupati Pati H.Saiful Arifin (Safin) menjelaskan jika pengembangan produk kreatif di sektor peternakan sangat menjanjikan. Peluang usaha ini sangat tepat dan cocok di kembangkan di Pati. Selain letak geografisnya mendukung juga memberikan hasil yang menguntungkan. Pihaknya bakal mewujudkan Kabupaten Pati menjadi sentra penghasil ternak unggas terbesar. Sudah banyak peternak bebek Hibrida Super di Pati merasakan hasil yang dicapai melalui kemitraan. Gagasan itu untuk mewujudkan pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan rakyat Pati dalam ternak bebek dan ayam.
Pemkab Pati selalu mendukung program perekonomian di sektor peternakan dengan pangsa pasar jelas dan menjanjikan.
Selain jenis Bebek Hibrida Super yang sudah terbukti untuk dikembangkan, unggas ayam menjadi target selanjutnya untuk dikembangkan. Bahkan ternak ayam permintaan pasar sangat tinggi dan rutin untuk pangsa pasar kota kota besar di Indonesia.
Safin menambahkan dengan kegigihan dan tanggung jawab bersama dalam menjalankan usaha kreatif ini, Kabupaten Pati mampu diwujudkan sebagai penghasil ternak unggas terbesar. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.