RUMAH ADAT PATI DI TAMAN MINI JATENG PATUT DIKUNJUNGI

Semarang, Keberadaan Rumah Adat Khas Pati di Taman Mini Jateng atau Puri Maerakaca di Komplek PRPP Semarang semakin menarik untuk dikunjungi. Keberadaan Rumah Adat Pati yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Pati bentuknya sangat unik dan menarik. Perpaduan bentuk gentingnya unik dengan perpaduan budaya khas Jawa dan Tiongkok yang sudah ada sejak tahun 1700 itu bisa dilihat secara langsung di Komplek PRPP di anjungan Kabupaten Pati. Selain itu bentuk replika lain berupa monumen “Penthol Godi dan Blaru” serta pegunungan kapur berada dalam satu lokasi anjungan Kabupaten Pati.
Bangunan Rumah Adat Pati menjadi anjungan yang sangat menarik karena ornamen ukiran dan bahan baku 90 persen menggunakan kayu jati asli. Yang lebih khas dari Rumah Adat Pati bentuk gentingnya yang menjulur ke atas.
Letak Anjungan Pati sangat strategis berada di depan kolam dan wisata air, sehingga mudah dijangkau para pengunjung. Kondisi Rumah Adat Pati lebih terawat dibandingkan anjungan Kabupaten atau Kota lain yang kurang terawat bahkan rusak.
Mohamad Ali salah satu warga Tlogowungu Pati sengaja datang di anjungan Pati untuk membuktikan keberadaan Rumah Adat Pati di lokasi Taman Mini Jateng. Dirinya kagum dan bangga dengan keberadaan Rumah Adat Pati, dibandingkan anjungan lain ternyata Kabupaten Pati lebih baik dan menarik. Rumah Adat Pati menjadi bukti nyata jika bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu jati yang diukir sangat indah sehingga menarik perhatian pengunjung daerah lain. Pihaknya berharap warga Pati bisa datang langsung melihat anjungan Kabupaten Pati dan daerah lain di Komllek PRPP Semarang. Terutama para pelajar sebagai bentuk pembelajaran budaya Indonesia. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.