Kakak Beradik Warga Cabak Pati Sukses Beternak Bebek Hibrida Super

Pati, Berkat kegigihan dan tanggung jawab dalam merawat ternak bebek Hibrida Super, kakak beradik warga Dukuh Anggrek Desa Cabak Tlogowungu Pati berbuh hasil. Dua saudara bernama Sugito dan Sutiknyo menjadi contoh tauladan generasi muda yang ada di Kabupaten Pati. Berkat kemauan keras dalam mengelola kandang beserta ratusan bebek bebek jenis Hibrida Super menjadi harapannya dalam meraih penghasilan tetap. Sejak pagi hingga malam hari keduanya kompak dalam merawat dan menjaga binatang yang bisa memberikan rejeki tiap bulannya. Hal itu sudah dibuktikan keduanya hingga panen tiga kali dengan hasil yang maksimal. Berkat perawatan yang benar dan baik, ratusan bebek mampu memenuhi standar bobot harga jual. Dalam waktu 37 hari keduanya bisa meraup penghasilan bersih masing masing Rp.5 juta setiap kandang. Dua saudara tersebut mempunyai dua buah kandang dengan kapasitas isi bebek sebanyak 1.000 ekor. Sehingga total yang dihasilkan dari dua kandang hampir mencapai Rp.10 juta.
Sugito mengatakan perlu tanggung jawab dan keseriusan dalam merawat perkembangan bebek Hibrida Super dari bibit hingga menjelang panen. Terlebih pada perawatan tahap awal di usia satu hingga 6 hari perlu perawatan ektra pada bibit bebek. Perlu adanya penerangan atau perapian cukup di tengah kandang serta menjaga bibit tidak terinjak dengan lainnya. Di masa tersebut sangat rentan timbulnya kematian bibit. Karena itu perlu pengawasan supaya bibit bebek tidak saling berhimpitan secara masal.
Setelah memasuki hari ke 7 bibit bebek sudah semakin besar dan pertumbuhannya semakin cepat. Demikian juga untuk menjaga perkembangan bebek semakin baik dan sehat, setiap hari kebersihan kandang terjaga serta penberian pakan dan air sesuai jadwal. Biasanya pakan bebek dilakukan empat kali dengan jeda antara lima jam dari pagi hingga malam hari. Sugito menambahkan jika perawatan bebek Hibrida Super lebih mudah dan menguntungkan. Selain bibit, pakan dan obat disuplay dari mitra kerja PT. RAM hasil panen diambil semua. Saya sebagai warga yang tinggal di Cabak Pati sangat mendukung program kemitraan yang digagas Pemkab Pati. Selain bisa menambah penghasilan juga memberikan peluang warga dalam pengembangan produk kreatif bagi perekonomian Kabupaten Pati. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.