DPRD Pati: Program YESS Segera Bergerak Cepat Dengan Wirausahawan Muda

Pati, Berita10 – Kementerian Pertanian (Kementan) kian serius untuk melahirkan wirausaha milenial dari sektor pertanian. Saat ini Kementan menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS). Sebagai informasi, Program YESS adalah Program kerja sama antara Kementerian Pertanian (Kementan) dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD) yang dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M. Nur Sukarno mengungkapkan kebijakan pemerintah lewat Kementerian Pertanian untuk mendidik pemuda menjadi petani milenial yang modern, terampil dan akrab dengan teknologi internet melalui program YESS segera bergerak cepat.“Program tersebut harus segera bergerak cepat untuk memajukan sektor pertanian,” ungkapnya kepada Suryamedia.id saat dimintai keterangan belum lama ini.

Dengan program tersebut diharapkan sektor pertanian menjadi seksi dan para generasi milenial tertarik. Sehingga sektor pertanian di Indonesia tidak jauh berbeda dengan negara lain.“Sudah sepatutnya pengembangan industri di Indonesia berbasis pertanian yang berkelanjutan. Sehingga potensi sumber daya alam bisa tetap lestari berkelanjutan,” jelasnya. Menurutnya, pertanian merupakan sumber bahan ketahanan pangan karena saat ini mayoritas masyarakat di Indonesia konsumsi makanan pokoknya adalah beras. Lebih lanjut, ada empat 4 program spesial telah tersedia untuk masyarakat. Diantaranya ada hibah kompetitif yakni bantuan modal usaha kepada pelaku usaha pertanian, Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP), pelatihan serta ada program peningkatan kapasitas SDM pertanian. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.