Dewan Pati Imbau Orang Tua Edukasi Anak Terkait Pemakaian Sepeda Listrik

Pati, Berita10 Maraknya sepeda listrik yang digunakan anak-anak membuat para warga yang bersimpangan menjadi miris. Hal itu juga mendapat sorotan dari salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah. Ia mengimbau agar orang tua lebih aktif lagi dalam memberikan edukasi kepada anaknya terkait penggunaan sepeda listrik. Ia sangat menyayangkan banyak anak-anak yang sudah mengendarai sepeda listrik. Menurutnya, anak-anak masih belum bisa mengendalikan tali gas atau menyeimbangkan kendaraan.

Dengan adanya fenomena tersebut, Muntamah pun mengimbau agar sebaiknya anak-anak tidak mengendarai sepeda listrik lebih dahulu. Hal itu karena dilihat dari dampak positif dan negatifnya, lebih banyak dampak negatifnya.“(Saya) lihat juga banyak anak SD yang menggunakan sepeda listrik. Sebenarnya anak SD dalam mengendarai sepeda listrik belum diperbolehkan,” jelas Komisi B DPRD Kabupaten Pati tersebut. Lebih lanjut, Muntamah mengkhawatirkan apabila anak-anak saat mengendarai sepeda listrik terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan yang bisa berakibat fatal. “Karena secara kondisi anak SD itu belum bisa mengira-ngira ketika terjadi hal-hal diluar dugaan seperti tarik gas,” ujarnya.

Terpisah, hal senada juga disampaikan Kepala Polresta Pati Andhika Bayu Adhitama. Ia mengimbau agar anak-anak jangan menggunakan sepeda listrik terlebih dahulu. Ia juga meminta orang tua jangan langsung membelikan anak sepeda listrik. Namun perlu mempertimbangkan terlebih dahulu sisi negatif dan positifnya.“(Kita) sudah mengimbau orang tua itu jangan membelikan baik sepeda listrik yang kategorinya masuk dalam motor jangan dikasih ke anak-anak,” tutup Andhika. Sebagai informasi, penggunaan sepeda listrik sendiri seringkali menimbulkan bahaya karena banyak dari pengguna sepeda listrik yang tak mematuhi lalu lintas atau bahkan belum memahaminya karena mayoritas masih anak-anak. Di samping itu, aturan berkendara untuk sepeda listrik juga belum ada di Indonesia. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.