Dewan : Lahan Pertanian Terdampak Banjir Pati, Dapatkan Bantuan 25 Kg Benih Per Hektare

Pati, Berita10 – Ribuan Hektar Lahan Pertanian yang Terendam banjir di wilayah Kabupaten Pati direncanakan akan menerima bantuan benih sebanyak 25 Kilogram setiap hektare lahan. Melalui Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum menjelaskan bahwa penyerahan bantuan akan dilakukan secara bertahap pada tahun 2024.

“Untuk bantuan bagi korban yang lahan pertaniannya terdampak itu akan menerima 25 Kg per Ha. Semuanya akan kami salurkan secara bertahap nantinya,” ungkapnya.Tahap pertama direncanakan disalurkan pada Minggu ketiga Bulan Maret 2023. Pada tahap tersebut, akan ada sebanyak 2.694 hektare yang memperoleh bantuan benih.Setidaknya ada sekitar 67 ton benih yang akan disalurkan pada 6 kecamatan yang terdampak banjir. Diantaranya seperti Kecamatan Gabus, Margorejo, Dukuhseti, Pati, Juwana dan Jakenan.

“Tahap pertama di bulan Maret ini kita ada 2.694 hektare dengan total 67.350 kilo, akan disalurkan di enam kecamatan,” ujar dia. Sementara itu, menanggapi lahan peraturan yang mengalami kebanjiran, Anggota DPRD Kabupaten Pati juga turut menyoroti permasalahan yang terjadi. Melalui Ali Mundir, selaku anggota Komisi B berstatement agar pemerintah cepat merespon bencana yang terjadi. “Yang dibutuhkan masyarakat ya memang langkah yang nyata dari pemkab berkoordinasi dengan pemerintah pusat, kita sangat mendorong peran pemerintah untuk menangani itu,” ujarnya.  Gos/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.