Dampak Kegagalan Panen Menurut Dewan Perlu Diantisipasi

Pati, Berita10Kegagalan panen yang diakibatkan adanya bencana banjir yang terjadi pada beberapa waktu lalu memang merugikan para petani. Namun salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati,  Yeti Krestianti menilai jika dampak dari kegagalan panen tersebut tak hanya merugikan petani. Melainkan juga bisa mempengaruhi stok pangan daerah bahkan nasional. Oleh karena itu, Anggota DPRD Kabupaten Pati tersebut berharap pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bisa melakukan antisipasi agar ketersediaan stok pangan tetap aman.

“Untuk itu maka memang harus segera diantisipasi oleh Pemkab, dengan ketersediaan stok pangan,” papar Yeti. Menjaga ketersedian pangan tetap aman menjadi hal yang penting, mengingat pangan adalah kebutuhan pokok masyarakat. Selain itu, stok pangan yang kurang dapat memberikan efek besar yaitu fluktuasi harga bisa terjadi bahkan hingga inflasi.

Sebagaimana diketahui bahwa bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan lahan pertanian di Kabupaten Pati banyak yang gagal panen atau puso. Total ada sekitar 6.642 hektare yang mengalami kondisi tersebut. Gos/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.