Dorong Pertumbuhan UMKM, Dewan Pati Berpesan Untuk Pelaku Usaha

Pati, Berita10 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Semakin bertumbuhnya UMKM di Kabupaten Pati disebut mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran. Untuk mendorong pertumbuhan UMKM, pelaku usaha telah difasilitasi dengan didampingi Dinkop UMKM terkait pemasarannya. Pemasaran sendiri dianggap penting karena memengaruhi brand awareness yang pada akhirnya berdampak pada keberlangsungan usaha itu sendiri.

Anggota Komisi B DPRD Pati, M Nur Sukarno juga mengatakan bahwa saat ini penjual perlu menerapkan strategi pemasaran dengan menyesuaikannya di era digital ini. Tujuannya, untuk membuka peluang lebih besar terhadap pemasaran produk-produk agar sampai ke pasar. Ia juga menyebutkan bahwa UMKM yang mendapat pendampingan sudah mengaplikasikan pemasaran secara online.

“Patut kita syukuri, saat ini seiring tumbuh kembangnya era digitalisasi, UMKM Kabupaten Pati dengan didampingi dan difasilitasi oleh Dinkop UMKM, sebagian marketingnya sudah lewat online,” ucapnya. Selain itu, pihaknya juga mendorong para pelaku UMKM untuk menciptakan produk yang berkualitas secara konsisten. Menurut Sukarno, konsistensi pengusaha dalam menyediakan produk berkualitas akan membuat mereka mampu menghadapi persaingan yang ketat di dunia bisnis. Sehingga, diharapkan para UMKM dapat bertahan lebih lama.“Ciptakan produk yang berkualitas secara kontinu agar bisa bertahan,” pesannya. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.