Cukup Berpeluang, Anggota Dewan Pati Ajak Anak Muda Berkecimpung Dunia Peternakan

Pati, Berita10 Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso mengajak anak muda supaya menggemari dunia peternakan. Ia menilai, dunia peternakan cukup potensial jika ditekuni dengan kesungguhan hati. Namun demikian, anak muda cukup susah diajak berkecimpung di dunia seperti itu. Menurutnya, dengan zaman yang seperti ini, anak muda lebih memilih pekerjaan yang ringan serta bersih. Hal ini berbanding terbalik dengan dunia peternakan.

Walaupun demikian, Narso menganggap jika iklim dan cuaca di Pati sangat cocok untuk sektor peternakan. Salah satu inovasi yang dibuat olehnya adalah dengan mengolah pakan dengan cara fermentasi. Sehingga, pakan rerumputan dapat digunakan untuk beberapa hari tanpa membusuk.“Di beberapa tempat, saya ajak peternak milenial, beternak domba dan kambing tetapi tanpa merumput. Kita buat teknologi supaya mereka bisa meminimalisir resiko, kerjanya lebih pintar,” ungkapnya belum lama ini. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga berharap pemerintah perlu memerhatikan, sehingga program terobosan baru di peternakan itu bisa menggandeng para kaum muda.

Dalam hal ini, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati harus ikut berperan dan ikut serta untuk mengembangkan, serta mempromosikan dunia peternakan dan pertanian. “Tapi memang ada stimulus dari pemerintah supaya generasi muda ini mau masuk ke sektor pertanian. Belum ada studi kesana (menentukan minat anak muda terhadap pertanian atau peternakan), jadi belum bisa dijadikan patokan,” paparnya. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.