Ketua DPRD Berharap Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Berita10 – Tidak bisa dipungkiri, permasalahan sampah menjadi salah satu pemicu dari musibah banjir yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Pati. Mengetahui hal itu, Ketua DPRD Kabupaten Pati meminta kepada segenap masyarakat Pati untuk sadar akan sampah. Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan, baik itu di tepi jalan raya maupun di sungai sangat disayangkan olehnya. Terlebih, sikap dari masyarakat yang seringkali menyalahkan pemerintah jika terjadi banjir dan tidak mau menginstropeksi diri.

Ini ‘kan masih banyak sampah di (pingir) jalan, buangnya dimana-mana. Ini juga tidak menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, tapi tanggungjawab masyarakat semua. Ketika membuang sampah jangan di sungai di tepi jalan, buanglah pada tempatnya,” kata dia. Namun di sisi lain, pihaknya menyadari truk pengangkut sampah di Kabupaten Pati masih kurang. Ali pun mengatakan akan menyiapkan anggarannya di tahun 2023 atau di 2024 mendatang.

“Kami mohon dukungan dari masyarakat ketika membuang sampah jangan sembarangan, dibuang di satu tempat kemudian ada petugasnya. Nanti tugas kami di pemerintah daerah kalau kekurangan armada akan kami adakan. Kalau nanti sekiranya APBD kita mencukupi kita adakan, kalau kurang di perubahan 2024,” tegasnya. Di sisi lain, bencana kebakaran rumah yang sering terjadi juga tak luput dari perhatian Ali. Sehingga pihaknya berinisiatif untuk melakukan pengadaan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di tiap-tiap kecamatan. Terlebih mengingat jarak antar satu kecamatan ke Kota Pati yang cukup jauh, ia pun meminta segera masalah ini segera dibahas. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.