Anggota Dewan, Parkir Kapal di Juwana Perlu Ditata

Berita10 – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menilai kapal yang parkir di Sungai Juwana, Pati, Jawa Tengah, perlu ditata. Ini diperlukan agar banjir di Kabupaten Pati berkurang. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto memaparkan, langkah sementara untuk mengatasi banjir di Kabupaten Pati yakni dengan memperbaiki penataan parkir kapal sehingga tak lagi menjadi blocking aliran air.

”Solusinya kapal tidak boleh berjejer memenuhi lebar sungai. Jadi hanya di perbolehkan berjajar satu samping pinggir barat atau satu samping timur. Dengan harapan arus air lancar,” kata dia. Ia menilai parkir kapal sembarangan di Sungai Juwana menjadi persoalan klasik yang harus segera tertangani. Namun, hingga saat ini belum bisa teratasi. Ini mengakibatkan banjir di Kabupaten Pati semakin parah.

Kepala Desa (Kades) Glonggong Rukin Prasetyo mensinyalir parkir kapal nelayan menjadi salah penyebab banjir. Menurutnya, kapal yang bersandar di aliran sungai Juwana dinilai menjadi penghambat lajur air sehingga menjadi penyebab banjir. ”Aliran muaranya di Sungai Juwana, kapal bisa dievakuasi karena sudah mulai curah hujan tinggi. Kapal adalah penyumbang pertama kurang lancarnya aliran sungai di Juwana. Karena aliran itu tidak bisa lancar,” ujar dia. Gos/Sol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.