Peringati Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Pati Bagi-Bagi Bendera

Pati, Berita10 – Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Kamis (1/6), memimpin upacara dalam rangka Hari Lahir Pancasila di Halaman Setda Kabupaten Pati.

Upacara tersebut juga turut dihadiri Forkopimda, Sekda Pati, para perwakilan OPD, ASN, perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan perwakilan sekolah.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Pati mengatakan bahwa momentum ini sebagai refleksi guna mengingat kembali sejarah hari lahir Pancasila.

Sejak kelahirannya, sambung Henggar, Pancasila telah mengalami perkembangan hingga menghasilkan naskah Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945, yang oleh Panitia 9 kemudian disepakati menjadi rumusan final pada 18 Agustus 1945.

“Rumusan Pancasila yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno, rumusan Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 hingga rumusan final tersebut merupakan satu kesatuan proses lahirnya Pancasila sebagai ideologi negara yang harus diketahui dan dipahami oleh generasi penerus bangsa”, ujarnya.

Generasi penerus bangsa yang dimaksud, imbuh Pj Bupati, utamanya ialah para generasi muda yang kelak akan melanjutkan estafet pembangunan.

“Bahwa kemerdekaan yang diperoleh dan dapat dinikmati hingga saat ini bukanlah diraih secara instan dan mudah. Namun melewati serangkaian perjuangan yang panjang”, tuturnya.

Kegiatan upacara pun kemudian diakhiri dengan pembagian bendera merah putih oleh Pj Bupati Pati didampingi Forkopimda, kepada para perwakilan OPD dan komandan tiap pasukan peserta upacara yang meliputi Polri, TNI dan Ormas. (fn1 /FN /AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.