DPRD Pati Berharap Normalisasi Sungai Juwana Tahun Depan Direalisasi

Pati, Berita10 – Wakil ketua komisi C, Irianto Budi Utomo selaku mitra kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati dan BBWS selalu melakukan koordinasi untuk normalisasi sungai Juwana guna mengurangi resiko bencana banjir, jelang musim hujan.

“Kami dari komisi C tetap memantau normalisasi sungai yang ada di Kabupaten Pati. Walaupun kewenangan sungai itu ada di BBWS, kami selalu koordinasi dengan DPUTR Pati yang menjadi mitra komisi C. Bagaimana setidaknya meminimalisisr banjir di musim penghujan yang akan datang,” ujar Irianto.

Pihaknya berharap normalisasi sungai Juwana segera direalisasikan, mengingat sungai Juwana merupakan sungai terbesar di Kabupaten Pati yang dapat menampung debit air di musim penghujan. Terlebih, pendangkalan sungai menjadi faktor lain dari bajir selain dari hilangnya kawasan hijau.

“Saya dari DPRD Pati komisi C dan juga pak ketua, di bulan-bulan kemarin juga dengan DPUTR Pati ke BBWS Semarang mengajukan untuk normalisasi sungai Juwana. Harapanya, kami dan masyarakat untuk secepatnya di normalisasi,” tandasnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPUTR Pati, Sudarno membenarkan akan adanya rencana normalisasi sungai Juwana pada tahun depan, khususnya di sekitar Desa Tanjang, Kecamatan Gabus, Pati yang menjadi langganan banjir di musim penghujan. Ags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.